Taiwan Tampilkan Produk Kesehatan Mata Secara Online

0
Perwakilan brand-brand Taiwan dalam acara Eyes on the Future. (Suarakarya.co.id/Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Empat pemenang penghargaan Taiwan Excellence dari industri peralatan kesehatan mata mendemonstrasikan produk mereka yang paling inovatif dalam webinar yang diadakan baru-baru ini. Acara ini diselenggarakan bersama oleh TAITRA dan Bureau of Foreign Trade, Ministry of Economic Affairs.

Menurut perkiraan dari IEK Consulting of the Industrial Technology Research Institute, pasar peralatan kesehatan mata global diperkirakan mencapai angka 58,4 miliar dolar AS pada tahun 2023. Tiga area utama pasar ini adalah perawatan penglihatan, pembedahan, serta diagnosis dan pemantauan. Produk massal yang penting adalah lensa optik, lensa kontak, dan kamera fundus.

Menurut Director of Strategic Marketing Department TAITRA, Chun-Tse Wu, industri peralatan kesehatan mata Taiwan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan omset sekitar 7 miliar dolar AS, dimana kategori auxiliary dan compensation, yang disebut sebagai industri lensa kontak, memiliki kinerja paling luar biasa.

“Rasio ekspor ‘invisible champion’ ini adalah sekitar 75 persen, menyumbang penjualan global sebesar kurang lebih 1,53 persen. Peralatan diagnostik menyumbang sekitar 0,3 persen dari omset global, menggabungkan teknologi termasuk optics, electronics, motors, dan big data calculation. Taiwan sangat mahir dalam teknologi TIK, dan dengan keunggulan yang signifikan ini, industri ophthalmology kami memiliki potensi besar,” ujar Chun-Tse Wu.

Sebagai mitra dunia tepercaya, Taiwan Excellence menjunjung tinggi semangat inovasi dengan memilih produk yang paling mewakili citra industri Taiwan. Pada kesempatan ini, perusahaan yang mendapatkan penghargaan adalah Non-Mydriatic Auto Fundus Camera dari Crystalvue, yang menggunakan pelacakan 3D otomatis, dapat mengurangi kesalahan diagnostik manusia, dan dijual ke lebih dari 40 negara di seluruh dunia.

Selain itu, juga ada Horus Digital Portable Tonometer dari Medimaging, yang menggunakan air-jet deteksi tekanan untuk menghindari kontak dengan penyakit dan infeksi. Lalu, Miacare Confidence Daily Color Contact Lens dari BenQ, yang mengadopsi teknologi hidrogel silikon dan memberikan kenyamanan sepanjang hari bagi pemakainya.

Dan yang terakhir adalah Aurai Hot & Cool Eye Massager dari In-Trust, sebagai yang pertama di dunia dalam penggunaan sirkulasi air dan pijat gelombang air untuk mengurangi tekanan intraokular tanpa risiko bahaya. Menurut Chun-Tse Wu, produk peraih penghargaan Taiwan Excellence menampilkan yang terbaik dari industri Taiwan, yang memberikan solusi cerdas untuk kehidupan kita sehari-hari.

“Dalam beberapa minggu mendatang akan ada lebih banyak acara yang berfokus pada produk kesehatan, termasuk kedokteran gigi dan alat bantu untuk lansia.” tutup Chun-Tse Wu. (devita)