Taiwan Tampilkan Produk Ramah Lingkungan Secara Virtual

0
Taiwan Excellence Eco-friendly Lifestyle Virtual Press Conference, yang diadakan pada Selasa (8/12). (Suarakarya.co.id/Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): TAITRA (Taiwan External Trade Development Council) menggelar “Taiwan Excellence Eco-friendly Lifestyle Virtual Press Conference” pada Selasa (8/12/20), dengan menampilkan 4 (empat) pemenang penghargaan Taiwan Excellence, antara lain Taiwan Lung Meng Advanced Composite Materials, Ju-Tian Cleantech Co., Ltd., Jun Yoo Ltd., dan Kai Suh Suh Enterprise Co., Ltd.

Taiwan Excellence adalah penghargaan yang ditetapkan oleh Kementerian Urusan Ekonomi Taiwan pada tahun 1993. Setiap tahun, melalui mekanisme pemilihan yang ketat berdasarkan empat subyek profesional utama yaitu “R&D,” “desain,” “kualitas,” dan “pemasaran,” juga kriteria “made in Taiwan”, secara komprehensif melakukan pemilihan produk yang memiliki “nilai inovatif.”

Director of Taiwan Trade Center Jakarta, Tony Lin dalam siaran persnya, Selasa (8/12/20) mengatakan bahwa Pemerintah Taiwan mengangkat “ekonomi melingkar”, “memurnikan udara”, “meningkatkan kualitas air”, dan “merawat bumi” sebagai poin utama pemerintahan mereka, serta mengintegrasikannya melalui daur ulang dan penggunaan kembali, dengan harapan mencapai tujuan keberlanjutan dan tanpa limbah.

Menurut Tony, perusahaan Taiwan juga dengan cepat mengembangkan produk yang memenuhi standar lingkungan saat ini.

Lung Meng berhasil mengembangkan teknologi untuk menghasilkan “Kertas Ramah Lingkungan Berbahan Komposit Lung Meng” yang memiliki fungsi serupa dengan kertas bubur kayu, menggunakan bubuk mineral anorganik (bubuk batu) dalam jumlah besar dan sedikit resin.

Pada tahun 2017, Ju-Tian meluncurkan “Sedotan Ampas Tebu” pertama yang terbuat dari bahan yang dapat diberbaharui kembali sebagai titik awal pemanfaatan kembali limbah pertanian dan terus mengembangkan sejumlah serat limbah tanaman terbarukan seperti ampas kopi, bubuk bambu, ampas teh, sekam padi dan bahkan anggur pomace dari pembuatan anggur yang digunakan kembali menjadi sedotan dan digunakan kembali di kehidupan sehari-hari masyarakat.

Jun Yoo mengembangkan produk “Wadah Kertas 100% Biodegradable” yang berkualitas tinggi dan stabil. Produk ini menggunakan bahan alami dan ramah lingkungan.

Kai Suh Suh menghadirkan terobosan berupa “Pengencang Kait dan Loop” yang digunakan dalam pengikat zip dan secara inovatif menggabungkan pengikat zip dengan pengait yang dapat berputar 360 derajat, melampaui struktur dan aplikasi pengikat zip tradisional. Dengan struktur kepala tambahan yang dapat ditarik, sehingga dapat digunakan kembali, menciptakan aplikasi yang lebih fleksibel. (devita)