Tak Berani Targetkan Juara Umum, Menpora Harapkan Indonesia Mengumpulkan 45 Medali Emas

0
Menpora, Zainudin Amali. (suarakarya.co.id/ist)

JAKARTA (Suara Karya): Tak berani mematok target juara umum, Menpora Zainudin Amali memasang target meraih 45 hingga 50 medali emas dalam SEA Games ke 30 di Manila, Filipina yang akan digelar 30 November hingga 13 Desember 2019.

“Minimal Indonesia bisa memperbaiki target tahun 2017 di Malaysia (peringkat lima). Dengan begitu, kontingen Indonesia bisa mampu melonjak ke peringkat tiga atau empat bila mampu meraih 45 medali emas di SEA Games ke 30 di Filipina,” tegas Zainudin di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Menpora mengatakan, memasang target meraih 45 medali emas berdasarkan dialog dengan CDM SEA Games XXX Hary Warganegara. Bahkan jumlah atlet terus berkembang dan akhirnya dilaporkan kekuatan Indonesia berjumlah 837 atlet untuk mengejar target yang dicanangkan.

Ketika disinggung cabang apa yang diandalkan menjadi lumbung penyumbang medali emas, Menpora tidak menjelaskan secara gamblang. Intinya hanya memenuhi laporan dari CDM yang sudah melakukan evaluasi terhadap cabang yang dipertandingkan.

Zainudin berharap, dengan waktu yang tidak lama lagi menuju Filipina, para atlet harus konsentrasi dan menjaga kondisi kesehatannya. Dengan harapan saat tampil dalam pertandingan, mampu memenuhi harapan masyarakat di Tanah Air.

Menurutnya, dalam multi event dua tahunan ASEAN kali ini Indonesia menurunkan atlet muda 60 persen dan senior 40 persen. Melalui perhitungan itu pula Menpora tidak bisa memberikan target yang muluk-muluk, minimal mampu meraih 45 medali emas. (Warso)