Tampil Maksimal, 9 Mahasiswa UNJ Ukir Prestasi Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

0

JAKARTA (Suara Karya) : Tampil optimal, sembilan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengukir prestasi maksimal dalam lomba karya tulis ilmiah nasional “Inovasi Pendidikan Indonesia” (IDEA) yang diselenggarakan secara virtual mulai 15 Februari hingga 17 April 2021.

Mahasiswa UNJ yang berhasil menyuguhkan prestasi optimal dalam lomba yang mengambil Tema “Solusi dan Kontribusi Gen Z dalam Mempersiapkan Inovasi Pendidikan Berkemajuan di Masa Pandemi dan Pasca Pandemi” adalah Yusri Anggun Jelita mahasiswa akultas Ilmu Sosial/Pendidikan Geografi, Andhika Putra Pratama (Mahasiswa Fakultas Teknik/Pendidikan Vokasional Teknik Mesin) dan Siti Nur Rachmawati (Mahasiswa
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Pendidikan Matematika) juara tiga dalam subtema 1.

Sedang di Subtema 2 juga juara 3 diraih tim UNJ adalah Yolanda Devi Suci Andjani (Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Pendidikan Kimia), Rafi Al Badri (Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Pendidikan Kimia) serta Verdy Virgautama (Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Biologi)

Adapun juara harapan 1 dalam subtema 2 diraih tim UNJ yang beranggotakan Kantoni (Mahasiswa
Fakultas Teknik/Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga),
Zulri Ramadhan (Mahasiswa Fakultas Teknik/Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga) dan Andre Ferdiawan (Mahasiswa Fakultas Teknik/Perdagangan Mode).

Rektor UNJ Prof.Dr. Komarudin, M.Si menghimbau, agar para juara dalam lomba inovasi pendidikan Indonesia (IDEA) dapat mengaplikasikan prestasi yang dimiliki. Dengan, begitu pestasi yang dihasilkan berguna bagi masyarakat maupun diri sendiri.

“Kami ucapkan selamat bagi UNJ sukses menyelenggarakan Lomba tingkat nasional begitu juga pada sang juara. Sedang bagi yang belum beruntung terus berkarya agar muncul inovasi cemerlang dengan harapan mampu meraih sukses,”kata Komarudin di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, tampil dalam suatu lomba dapat mengukur prestasi diri sediri dan kemampuan lawan. Dengan begitu, para peserta memacu prestasi yang dimiliki, selain untuk membidik gelar juara, dan mempersiapkan diri memasuki persaingan dalam dunia global ditengah masyarakat nantinya.

Sedang Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si mengatakan, Lomba karya tulis ilmiah yang digelar Universitas Negeri Jakarta itu untuk mengasah kreativitas generasi muda baik mahasiswa dan siswa SMA/sederajat dalam pembuatan dan pengembangan inovasi media pembelajaran, serta strategi dan solusi yang tepat dalam mewujudkan perbaikan pendidikan Indonesia baik dalam ranah siswa, guru, maupun pemerintahan. Dengan harapan pendidikan di Indonesia bermoral, berkarakter, dan sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan Indonesia.

Kegiatan ini penting dilakukan oleh Universitas Negeri Jakarta, sebagai wujud kampus LPTK di Jakarta yang menciptakan tenaga pendidik dan kependidikan. Dengan harapan,
terbentuk pemikiran generasi muda yang kritis terhadap Pendidikan Indonesia, Munculnya ide-ide kreatif yang dapat membangun Pendidikan Indonesia, Memotivasi generasi muda dalam membentuk atau menciptakan sebuah karya yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dan Munculnya sebuah ide untuk pengoptimalisasikan sumber daya manusia yang berpengaruh pada pendidikan.

Pada kesempatan yang sama Tim Pengembang Wakil Rektor (WR) 3 UNJ, Taryudi, S.T., M.T., Ph.D mengatakan, daftar peserta yang tampil juara ditingkat perguruan tinggi adalah, Husnul Hotimah dari
Universitas Airlangga sebagai juara 1 dalam Subtema 1 Pengembangan Produk Inovasi Media Pembelajaran,
Juara 2 Rebekka Siswandina Sari dari
Universitas Sebelas Maret, Juara 3
Yusri Anggun Jelita dari Universitas Negeri Jakarta. Sedang harapan 1
Ni Made Ayu Widayanthi memperkuat
Universitas Pendidikan Ganesha, harapan 2, Ni Putu Widya Adnyani
(Universitas Udayana).

Sedang di Subtema 2 Strategi dan Solusi dalam Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan tampil juara adalah Ida Bagus Kade Hendra Adi Wirawan dari Universitas Pendidikan Ganesha,
Juara 2 Nurul Huda datang dari Universitas Padjadjaran. Adapun juara 3 Yolanda Devi Suci Andjani asal
Universitas Negeri Jakarta.

Sementara harapan 1 diraih Kantoni dari Universitas Negeri Jakarta dan harapan 2 diambil Tengku Adithia Anugrah P dari Universitas Diponegoro. Adapun Best Poster diambil Nurul Huda dari Universitas Padjadjaran, begitu juga Best Presentation juga diraih Nurul Huda.

Sedang pemenang LKTIN dalam
Kategori SMA/Sederajat juara 1 Subtema 1 Pengembangan Produk Inovasi Media Pembelajaran diraih
Khairuna Marsya dari SMA Negeri 2 Semarang. Sedang juara diambil
Muhammad Arifin Ilham dari
MAN 1 Jembrana, juara 3 diraih
A. Muh. Hufaidz Dzaki Z dari
MAN 1 Soppeng. Adapun harapan 1
Syahla Athalia Athaya dari
SMA Muhammadiyah 1 Taman, dan
harapan 2 diambil Yuni Alifia dari
MAN 1 Lombok Timur.

Sedang Subtema 2 Strategi dan Solusi dalam Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan juara pertama diraih Muh. Farid F. B dari SMAN 23 Jakarta.
Juara 2 diambil Abdila Putra Samudra dari SMAN 86 Jakarta. Sementara
juara 3 diraih Faiz Alif Firjatullah asal
SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan. Adapun harapan 1 jatuh ketangan
Marsella Indrianti dari SMA Negeri 27 Jakarta. Harapan 2 diberikan pada
Dessy Natalia dari SMA Negeri 86 Jakarta. Sedang Best Poster diraih
Muhammad Arifin Ilham dari MAN 1 Jembrana dan Best Presentation diraih Khairuna Marsya dari SMA Negeri 2 Semarang. (Warso)