Tampil Maksimal, Nuryati Ukir Prestasi di Lomba AP2SENI

0

JAKARTA (Suara Karya) :Ketrampilan Nuryati Hasni Hamid, Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) cukup teruji. Semua itu terbukti saat meraih juara dua dalam lomba AP2SENI (Asosiasi Prodi Pendidikan Sendratasik Indonesia) ke-IV Tingkat Nasional Tahun 2021.

Walau jalannya lomba diikuti peserta yang datang dari 37 perguruan tinggi di Indonesia, namun mahasiswi Prodi Pendidikan musik angkatan 2017 itu tampil gemilang.

“Kami bersyukur Nuryati berhasil meraih juara dua dalam lomba AP2SENI yang digelar ULM (Universitas Lambung Mangkurat) Banjarmasin. Tampil juara membuktikan prestasi yang dimiliki cukup disegani lawan yang datang dari 37 perguruan tinggi di Tanah Air,”jelas Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si. di Jakarta, kemarin.

Melalui prestasi yang dimiliki katanya, dapat dipertahankan dan diperbaiki lagi. Dengan harapan, mampu meraih sukses yang dicita-citakan. Bahkan dapat dijadikan modal menuju masa depan yang cerah nantinya.

Lebih jauh Abdul Sukur mengucapkan banyak terima kasih pada Nuryati mampu membawa nama harum UNJ dipentas nasional. Begitu juga pada Rektor UNJ Prof.Dr. Komarudin, M.Si yang selalu memberikan dukungan semangat pada semua mahasiswa tampil dalam lomba, baik nasional maupun internasional.

Sedang Nuryati merasa bangga berhasil keluar sebagai juara dua AP2SENI dalam kategori lomba “Inovasi Media Pembelajaran Seni”. Pada lomba tersebut dia mengembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran musik dengan fokus materi pengenalan notasi balok yang diberi nama BELSIKASIK (Belajar Musik Asik) Versi I .

Aplikasi ini paparnya, dikembangkan melalui pemanfaatan software Smart Apps Creator 3.0. BELSIKASIK Versi I merupakan aplikasi media pembelajaran berbasis android dengan model permainan. Materi, soal latihan dan beberapa fitur dari aplikasi media pembelajaran tersebut dapat diakses secara offline maupun online.

“Saya mengembangkan Aplikasi media pembelajaran melalui Software Smart Apps Creator tersebut dengan waktu kurang lebih 3-4 minggu dimulai tanggal 28 Mei hingga 24 Juni. Selama proses pembuatan aplikasi BELSIKASIK versi I saya mendapat bantuan berupa fasilitas, dukungan, serta arahan Bapak maupun Ibu Dosen Pembimbing. Begitu juga dengan Ibu Kaprodi Musik,”ucap Nuryati.

Berhasil tampil juara dua dalam lomba
AP2SENI katanya, sangat berterima kasih pada Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd serta Ibu Wakil Dekan I Eva Leiliyanti, Ph.D., Wakil Dekan II Bapak Drs. Krisanjaya, M.Hum. dan Wakil Dekan III Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd.

“Begitu juga saya ucapkan banyak terima kasih kepada koordinator program studi pendidikan musik Ibu Rien Safrina, M.A., Ph.D. dan kepada Ibu dan Bapak dosen pembimbing Bapak R. M Aditya Andriyanto, S.Pd., M.Sn., serta Ibu Dr. Tuti Tarwiyah Adi, M.Si. yang telah memberikan dukungan, motivasi, arahan, fasilitas dan mempercayakan saya mengikuti lomba AP2SENI ke-IV Tingkat Nasional 2021,”tambah Nuryati lagi. (Warso)