Pecatur Indonesia Tampil Cemerlang di SEA Games ke 31 di Vietnam

0

JAKARTA (Suara Karya) : Tampil cemerlang pecatur putra dan putri Indonesia mencetak prestasi gemilang pada hari pertama di SEA Games ke 31 Vietnam, Selasa (10/5).

“Hal itu terjadi di nomor catur klasik putra GM Novendra Priasmoro beruntun dua kali menaklukkan lawannya FM Lye Like Zang dari Malaysia dan unggulan kedua GM Tran Tuan Minh dari Vietnam,”ujar Ketua Bidang Pembinaan PB Percasi, Kristianus Liem melalui rilisnya.

Menurutnya, Novendra menunjukkan kelasnya sbg seorang Grandmaster. Tusukan bidak b2-b4 pd langkah ke-15 membuat Mentri Tran Tuan Minh di petak a5 jadi salah tingkah dan nyaris terjebak tidak bisa pulang.

Setelah langkah brilliant tersebut, Novendra menguasai keadaan sepenuhnya hingga Tran menyerah pd langkah 33 dg Mentrinya kali ini pasti terperangkap. Novendra akan jumpa unggulan pertama GM Ngoc Truong Son (2641) pd babak ketiga Rabu (11/5) pagi jam 9.

IM Mohamad Ervan juga tidak terkalahkan menang lawan IM Wynn Zaw Htun dari Myanmar dan remis lawan GM John Paul Gomez dari Filipina. Babak 3 Ervan akan jumpa IM Tin Jingyao dari Singapura. Foto Novendra vs Tran Tuan Minh.

Sedang di putri juga menunjukkan kelasnya dalam nomor klasik pada SEA Games ke 31 di Vietnam. WIM Dewi AA Citra membukukan dua kemenangan.
Kemenangan kedua pada sore hari
dicetak atas pecatur Malaysia
WFM Tan Li Ting lewat
pertarungan seru dan terbuka dengan
kedua belah pihak berpeluang
membuat kemenangan.

Namun Citra yg jauh lebih
berpengalaman akhirnya dapat
memanfaatkan keadaan secara
maksimal. Begitu juga IM Irene Kharisma
Sukandar mengalahkan pecatur
Filipina WIM Jan Jodilyn Fronds
pd babak kedua. Pada babak
pertama di pagi hari Irene
dikalahkan Citra. Jadi point Irene
yang hilang tetap direbut pecatur
putri Indonesia juga.

Pada pertandingan selanjutnya Rabu (11/5) catur;klasik kembali
mempertandingkan dua babak.
Irene akan jumpa pecatur Filipina
lg, WGM Janelle Mae Frayna,
sedang Citra lawan pecatur tuan
rumah WGM Vo Thi Kim Phung. (Warso)