Tangerang Hentikan Kegiatan CFD

0
Foto: Humas Pemkot Tangerang

TANGERANG (Suara Karya): Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Banten, menghentikan sementara kegiatan hari bebas kendaraan bermotor di tiga ruas jalan di daerah itu pada setiap Minggu.

Kepala Dishub Kabupaten Tangerang, Bambang Mardi Sentosa di Tangerang, Minggu (13/5) mengatakan tiga lokasi car free day (CFD) yaitu di Tigaraksa, Balaraja maupun Kelapa Dua.

“Nanti dibuka kembali setelah Lebaran 2018, penutupan tersebut bertujuan untuk menghormati umat yang sedang menjalankan ibadah puasa,” katanya.

Bambang mengatakan kegiatan pada jalur CFD biasanya warga berolahraga, seperti jalan kaki, panggung hiburan dan penjualan aneka kuliner.

Di tiga jalur terpisah tersebut, warga melakukan senam, jalan santai, bersepeda tanpa ada kendaraan bermotor roda dua dan mobil yang melintas.

Sedangkan lokasi CFD itu berada di kawasan pusat pemerintahan di Kecamatan Tigaraksa, di sebuah mal di Kepala Dua dan pada jalan utama di Kecamatan Balaraja.

“Selama bulan puasa, semua kegiatan CFD terpaksa ditunda hingga usai Lebaran 2018,” kata mantan Kepala BKKBN Kabupaten Tangerang itu.

Menurut dia, penghentian kegiatan CFD adalah untuk menghormati umat yang sedang menjalankan ibadah dan selama puasa tidak diperkenankan ada kegiatan tersebut.

Semua pengemudi motor dan mobil boleh melintasi kawasan itu karena biasanya pada Minggu pagi dilarang oleh petugas Dishub setempat.

Bahkan petugas terpaksa mengalihkan pengendara untuk melintasi jalan alternatif yang sudah disiapkan agar tidak menganggu kegiatan CFD.

Pihaknya sedang pembersiapkan Surat Keputusan (SK) dan meminta petunjuk serta pengarahan dari Pj Bupati Tangerang, Komarudin menyangkut penghentian sementara CFD itu.

Dia berharap pekan depan sudah rampung SK dan semua kegiatan di lokasi CFD tidak diperkenankan digelar setiap Minggu. (Pramuji)