Suara Karya

Tebar Manfaat, Ganjar Muda Padjajaran Galakkan Aksi Bersih-Bersih Lingkungan di Kota Banjar

BANJAR (Suara Karya): Sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) menggalakkan program ‘GMP Berbakti Lingkungan’ di wilayah Blok Cibonte RT 13/04 Awiluar, Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat (Jabar), Senin (6/3/2023).

“Hari ini teman-teman GMP Kota Banjar sedang ada kegiatan GMP Peduli Berbakti Lingkungan. Jadi, teman-teman berinisiasi bersih-bersih lingkungan di sekitaran tempat ibadah dan jalanan umum,” kata Koordinator Pusat GMP Fadhil Syafarmi.

Meskipun menggunakan peralatan sederhana, puluhan relawan GMP tampak semangat bergotong-royong membersihkan lingkungan Awiluar dari sampah dan rumput liar yang tumbuh di jalan setapak.

Mereka turut membersihkan Masjid Al Hikmah yang menjadi tempat ibadah warga sehari-hari. Relawan GMP menyusuri ruang salat, pelataran masjid, tempat wudhu, hingga toilet untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel.

Fadhil menjelaskan kegiatan sosial ini merupakan komitmen relawan GMP untuk menjaga kebersihan lingkungan. Menurut dia, hal itu sudah menjadi tanggung jawab para relawan GMP di lingkungannya masing-masing.

“GMP Kota Banjar berinisiasi mulai hari ini sampai hari-hari ke depan menjadi tanggung jawab GMP Kota Banjar untuk bersih-bersih di sini,” tutur Fadhil.

Selain itu, Fadhil menyebut aksi bersih-bersih lingkungan ini juga menjadi bukti nyata kehadiran relawan GMP dalam rangka menebarkan manfaat kepada masyarakat.

Dengan begitu, kata Fadhil, berbagai nilai positif pun akan tersampaikan ke masyarakat sekitar. Seperti pentingnya menjaga lingkungan, hidup rukun, serta membangun semangat gotong-royong.

“Tentunya saya berharap dan menginstruksikan juga ke GMP Kota Banjar agar kehadiran relawan Ganjar Muda Padjajaran ini bisa dirasakan oleh masyarakat. Minimal teman-teman bisa menyelesaikan masalah di lingkungannya,” katanya.

Fadhil mengatakan pihaknya akan terus menebarkan manfaat ke daerah-daerah lainnya. Fadhil berharap, kontribusi para relawan GMP dapat membantu seluruh lapisan masyarakat.

Selain menggalakkan bersih-bersih lingkungan, relawan GMP juga menggelar tausiyah bertajuk ‘Ngobrol Perkara Iman (Ngopi)’ bersama Ustadz Ray Syahreza. Tausiyah ini dihadiri ratusan masyarakat dari Kelurahan Situbatu. (Pram) 

Related posts