Telesehat Diluncurkan, Warga Kini Bisa Konsultasi Digital Dokter di Puskesmas

0
Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan SDM Kesehatan, Mariya Mubarika. (Suarakarya.co.id/Tri Wahyuni)

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Kesehatan (Kemkes) menawarkan cara baru bagi warga yang ingin konsultasi dengan dokter Puskesmas. Lewat Telesehat, konsultasi dokter kini bisa dilakukan secara digital.

“Aplikasi Telesehat ini merupakan “jalur evakuasi” yang disiapkan pemerintah untuk mencegah penularan corona virus disease (covid-19),” kata Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan SDM Kesehatan, Mariya Mubarika dalam keterangan pers, Rabu (14/10/20).

Mariya menjelaskan, Telesehat telah diujicoba sejak 1 Juni 2020 lalu di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Telesehat memberi kemudahan pada masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter Puskesmas secara digital.

“Telesehat itu kekuatannya ada pada KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi). Dan satu tambahan lagi, yaitu triase. Upaya ini boleh dibilang sebagai ‘jalur evakuasi’ dalam penanganan pencegahan penularan covid-19,” tuturnya.

Karena itu, lanjut Mariya, dibutuhkan partisipasi masyarakat sehingga terbentuk sistem yang menjadi jembatan antara masyarakat dan dokter di Puskesmas.

Disebutkan beberapa keunggulan dari Telesehat, antara lain masyarakat kini memiliki akses untuk menilai status kesehatannya. Sehingga paham apakah dirinya masuk dalam kelompok rentan, dan risiko tinggi atau tidak.

“Lewat konsultasi, masyarakat juga dapat memahami upaya pencegahan agar tidak tertular covid-19,” tuturnya.

Mariya berharap, Telesehat yang dibentuk di berbagai daerah akan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh. Hal itu akan mengurangi dampak negatif dari pandemi covid-19.

“Lewat konsultasi digital, masyarakat diharapkan terbiasa dengan paradigma baru yaitu konsultasi ke dokter bukan hanya untuk berobat, tetapi perlu untuk pencegahan,” katanya.

Mariya menegaskan, jika dampak covid-19 dapat dikendalikan lebih baik dari sekarang, maka pandemi covid-19 pada gelombang kedua tidak akan terjadi. Penggunaan Telesehat bisa dilihat melalui website https://telesehat.kemkes.go.id/.

Disebutkan, Telesehat memiliki tiga fitur yang dapat diakses yaitu Edukasi, Konsultasi dan Faskes terdekat. Pada fitur edukasi, pengguna disuguhkan informasi seputar protokol Kesehatan, tatanan hidup baru dan sebagainya.

“Untuk fitur Konsultasi, pengguna dapat melakukan konsultasi secara online dengan dokter puskesmas. Pada fitur faskes terdekat disajikan alamat beserta kontak fasilitas pelayanan Kesehatan dasar,” ucap Mariya menandaskan. (Tri Wahyuni)