Terapkan GP2SP, Tjiwi Kimia Sabet Penghargaan Mitra Bakti Husada 2022

0

JAKARTA (Suara Karya): Unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Tjiwi Kimia) meraih penghargaan Mitra Bakti Husada 2022 dari Kementerian Kesehatan.

Penghargaan tersebut diberikan terkait Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) yang digagas Kemkes.

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam bagian acara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Jakarta, Kamis (17/11/22).

Dalam kesempatan itu, Kunta Wibawa didampingi Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kemkes, Maria Endang Sumiwi.

Kunta dalam sambutannya mengatakan, GP2SP merupakan perwujudan dari beberapa peraturan pemerintah, dimana seluruh perusahaan wajib menyelenggarakan upaya kesehatan secara menyeluruh.

Hal itu mencakup peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, deteksi dini, penanganan penyakit serta pemulihan kesehatan.

“Pekerja perempuan memiliki peran ganda, tak hanya bekerja tapi juga menjadi seorang ibu. Karena itu implementasi GP2SP diharapkan tak meningkatkan kesehatan dan produktivitas, tetapi mencapai indikator pembangunan lainnya. Karena ibu yang sehat akan melahirkan generasi penerus yang berkualitas,” ujarnya.

Direktur Utama Tjiwi Kimia Suhendra Wiriadinata dalam kesempatan terpisah menyambut baik penghargaan yang diberikan Kemkes. Penghargaan itu merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap peningkatan kualitas kesehatan pekerja perempuan,” ujarnya.

Tjiwi Kimia menerapkan beragam program yang mendukung GP2SP, antara lain kebijakan terhadap pekerja wanita bekerja nonshift, penggunaan wajib APD lengkap, pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Citra Medika dan beberapa puskesmas, serta sosialisasi dan penyuluhan kesehatan dari tenaga kesehatan profesional.

“Kami juga punya program untuk menurunkan tingkat anemia pekerja perempuan, serta beragam program bagi pekerja hamil dan menyusui antara lain penyediaan ruang laktasi, senam hamil, reward bagi ibu pemberi asi eksklusif dan lain sebagainya,” ujarnya.

Lewat beragam program bidang kesehatan dan keselamatan pekerja yang dijalankan Tjiwi Kimia, Suhendra berharap, hal itu dapat meningkatkan upaya keselamatan dan kesehatan pekerja secara keseluruhan. Sehingga terwujud peningkatan kualitas sumber daya manusia. (Tri Wahyuni)