Terapkan ‘Green Industry’, 4 Unit Usaha APP Sinar Mas Raih Penghargaan

0

JAKARTA (Suara Karya): Dinilai konsisten dalam menerapkan praktik bisnis berkelanjutan (Green Industry), 4 unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berhasil meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Green Awards 2022.

Empat unit usaha penerima penghargaan itu adalah PT OKI Pulp & Paper Mills untuk kategori Penyelamatan Sumber Daya Air, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk kategori Mempelopori Pencegahan Polusi, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk dan PT Wirakarya Sakti untuk kategori Pengolahan Sampah Terpadu.

“Keberhasilan itu tentunya tak lepas dari peran serta masyarakat dan komunitas di sekitar wilayah operasional kami,” kata Head of Sustainability Compliance APP Sinar Mas, Sera Noviany dalam siaran pers, Selasa (22/3/22).

Sera menjelaskan, APP Sinar Mas mewujudkan komitmen Green Industry melalui beberapa program Corporate Social Responsibility (CSR) di wilayah-wilayah operasionalnya. Salah satunya, mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan manfaat sisa limbah pabrik.

Ia mencontohkan program pemberdayaan yang dikembangkan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk Serang, dengan memanfaatkan limbah dari ‘Tali Paper Machine’ menjadi bahan pelengkap kerajinan anyaman bambu. Program tersebut berhasil meningkatkan pendapatan ibu-ibu di Desa Tegal Maja, Kragilan.

Program lainnya adalah desa binaan yang dikembangkan PT Wirakarya Sakti di Jambi melalui kemitraannya dengan BUMDes adalah Desa Dataran Kempas, Tebing Tinggi. Desa tersebut berhasil memanfaatkan limbah kotoran sapi, kambing dan pelepah daun sawit menjadi pupuk Kompos. Bahkan omset perbulan masyarakat desa mencapai miliaran rupiah.

Untuk kategori Penyelamatan Sumber Daya Air yang dimenangkan PT OKI Pulp & Paper Mills di Sumatera Selatan, mereka mengolah air gambut menjadi air siap minum bagi warga di 21 desa binaan. Metode pembersihan air dengan menggunakan reverse osmosis.

“Lewat program ini, warga mampu menghemat biaya pembelian air minum sebesar 50 persen. Sebelumnya, warga membeli air minum kemasan yang didatangkan dari Palembang,” tutur Sera.

Penghargaan kategori Mempelopori Pencegahan Polusi yang diperoleh PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk di Jawa Timur berupa pemanfaatan limbah batu bara menjadi ‘paving block’ untuk infrastruktur sekolah, jalan desa, masjid, panti asuhan sejak 2014.

Konsistensi penerapan prinsip Green Industry terus dilakukan APP Sinar Mas, dari unit forestry (hulu) sampai dengan mills (hilir). Karena itu, sejak 2018 APP Sinar Mas secara konsisten meraih penghargaan Indonesia Green Awards untuk beragam kategori.

Ditambahkan, APP Sinar Mas terus berinovasi dan berkontribusi untuk masyarakat dan pelestarian lingkungan di Indonesia. “Kami sangat menyadari, membangun rasa kepercayaan pelanggan, masyarakat, pemerintah dan pemangku kepentingan lain merupakan langkah penting untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan,” kata Sera.

Indonesia Green Award 2022 berupaya mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan pemulihan ekonomi yang lebih hijau, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Tim penilai Indonesia Green Awards 2022 terdiri dari Chairman The La Tofi School of CSR, La Tofi; Guru Besar Komunikasi Universitas Indonesia, Prof Ibnu Hamad, Asdep Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, Agus Suharyono; Direktur Kemitraan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jo Kumala Dewi; dan Direktur Hijaukucom, Hizbullah Arief. (Tri Wahyuni)