Terpilih People of The Year 2021, Nadiem Dedikasikan Penghargaan untuk Guru

0

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menerima penghargaan People of The Year Tahun 2021 untuk kategori Innovative Governmental Organization dari Metro TV.

Mendikbudristek dalam sambutannya menyatakan, penghargaan tersebut akan didedikasikan kepada para guru tangguh di Indonesia, yang terus berinovasi di masa pandemi. Mereka memberi layanan pembelajaran terbaik kepada generasi penerus bangsa.

“Apresiasi juga saya berikan kepada tim di Kemdikbudristek yang bekerja keras dalam menghadirkan inovasi di masa pandemi. Karena inovasi adalah filsafat utama dari Program Merdeka Belajar,” kata Nadiem usai menerima penghargaan di Grand Studio Metro TV, Rabu (24/11/21).

Menurutnya, Kemdikbudristek harus terus melakukan inovasi agar menjadi teladan, yang akan mendorong sekolah dan dinas pendidikan melakukan inovasi dalam pembelajaran.

Selain Mendikbudristek, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito yang mewakili Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga mendapat penghargaan serupa.

Sebelumnya, Presiden Direktur Metro TV Don Bosco dalam sambutannya mengatakan, peran pemerintah pusat menjadi sangat penting di masa pandemi

“Peran kementerian atau lembaga di pusat menjadi parameter bagi dewan juri untuk menetapkan siapa yang layak mendapat gelar People of The Year Metro TV 2021,” kara Don Bosco yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Juri People of The Year 2021.

Indikator yang digunakan Dewan Juri adalah kreativitas dan kualitas inovasi. Selain kebijakan yang ditetapkannya dapat diimplementasikan oleh pejabat di berbagai jenjang, hingga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Serta konsistensi sang tokoh dalam memperjuangkan kebijakan tersebut.

Penghargaan People of The Year diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT ke-21 Metro TV. Tahun ini, Metro TV memberi penghargaan People of The Year kepada 9 kategori, yaitu Best Governor for Inclusive Economic Growth, Best Governor for Empowerment & Education dan Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemi.

Selain itu penghargaan Best Governor for E-Gov & Digital Innovation, Innovative Governmental Organization, Scientific Breakthrough Against Pandemi, Corporation Participation Against Pandemi, Patron of Development Partnership, dan Lifetime Achievement. (Tri Wahyuni)