Tes Urine Mendadak di Terminal Pakupatan Serang

0
Ilustrasi

SERANG (Suara Karya) : Menghadapi mudik Natal dan Tahun Baru 2019, satuan Reserse Narkoba dan Satuan Lalu Lintas Polres Serang Kota bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan Kota Serang melakukan tes urine terhadap sopir dan kernet angkutan umum di Terminal Pakupatan, Kota Serang, Banten, Sabtu (22/12/2018). Kegiatan tersebut dilakukan tersebut, dilakukan secara mendadak untuk menghindari, calon perserta tes urine kabur.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Serang Kota, AKP Wahyu Diana mengatakan, pemeriksaan dilakukan terhadap sopir bus semua jurusan yang beroperasi di Terminal Pakupatan. Para pengemudi dicek administrasi pribadinya seperti SIM, STNK dan Buku KIR, kemudian sopir dimintai mendatangi toilet yang disediakan petugas untuk diambil air seninya, selanjutnya diperiksa kandungannya menggunakan test card multi drugs.

Kasat Narkoba itu menjelaskan, setidaknya sudah ada 20 orang yang sudah dilakukan tes urine. “Ditargetkan semua yang masuk keterminal ini, tidak menggunakan menggunakan narkoba. Dari pemeriksaan tadi tadi tidak ditemuakan awak kendaraan umum yang menggunakan narkoba,” tuturnya.

Kasat Lantas Polres Serang Kota Ali Rahman mengatakan, pemeriksaan kondisi tubuh pengemudi dan keadaan kendaraan, merupakan upaya prepentif untuk mencegah kecelakaan lalu lintas.

Dijelaskannya, ada tiga faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu-lintas. “Pertama faktor kondisi sopir, faktor kondisi kendaraan dan faktor lingkungan,” katanya. (Wisnu)