Tiga Kampus Indonesia Raih Rangking 100 Besar Dunia Versi THE

0

JAKARTA (Suara Karya): Tiga kampus Indonesia meraih rangking 100 besar dunia versi Times Higher Education (THE) 2020 untuk kategori Impact Ranking. Ketiga perguruan tinggi itu adalah Universitas Indonesia pada peringkat 47, Universitas Gadjah Mada (72) dan Institut Pertanian Bogor (77).

“Prestasi ini sungguh membanggakan. Lewat kategori itu, pengabdian yang dilakukan perguruan tinggi Indonesia diakui dunia internasional,” kata Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Nizam dalam siaran pers, Kamis (23/4).

Keberhasilan itu, lanjut Nizam, menunjukkan perguruan tinggi dapat berperan pembangunan berkelanjutan. Dengan demikian, keberadaan perguruan tinggi tak sekadar menjadi menara gading, tetapi juga bisa menjadi menara air yang menyuburkan lingkungan sekitar.

“Peran kampus dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal itu terlihat pada pemeringakatan yang dikeluarkan THE tahun 2020 untuk kategori impact rangking. Ada 9 kampus Indonesia yang meraih prestasi sangat baik. Dan tiga diantaranya masuk peringkat 100 besar dunia,” tuturnya.

Disebutkan, ke-9 perguruan tinggi Indonesia yang meraih prestasi sangat baik yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (Unair) Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (Undip) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Dijelaskan, pemeringkatan Impact Ranking oleh THE dilakukan dengan cara mengukur dan melihat peran perguruan tinggi di seluruh dunia melalui 17 indikator SDGs. THE Impact Ranking tahun ini diikuti 766 institusi bergengsi di seluruh dunia.

“Selain masuk top 100 THE Impact Ranking, enam perguruan tinggi Indonesia lainnya juga menorehkan prestasi yang menggembirakan, yaitu Unpad masuk peringkat 101-200, UB peringkat 201-300, Unair peringkat 301- 400, ITB peringkat 301-400, Undip peringkat 301-400 dan ITS peringkat 401-600,” ujarnya.

Nizam berharap prestasi itu memicu semangat perguruan tinggi di Indonesia untuk berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Sejalan dengan tujuan SDGs, sumbangsih perguruan tinggi Indonesia selama pandemi covid-19 ini sangat dibutuhkan dalam pencegahan penularan covid-19,” kata Nizam menandaskan. (Tri Wahyuni)