Tim Putra – Putri Handball Jateng Berpeluang ke Semifinal Pra PON XX

0
Tim bola tangan Jateng putri bergembira memastikan ke semifinal Pra PON XX. (suarakarya.co.id/ Warso)

PURWOKERTO (Suara Karya): Dua tim bola tangan putra dan putri tuan rumah Jateng memastikan diri tampil di semi final Pra PON XX yang digelar di GOR Satria, Purwokerto, Jateng, Senin (21/10/2019). Semua itu terjadi setelah kedua tim asal Jateng belum terkalahkan dengan mengumpulkan nilai 4.

Pada pertandingan hari kedua tim putri Jateng mengalahkan tim Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan angka 28 – 5. Meski Jateng putri meraih kemenangan, namun sempat mendapat perlawanan ketat dari pemain luar Pulau Jawa. Sedang dalam pertandingan hari pertama Jateng putri yang diperkuat empat pemain nasional yaitu Shantika, Inge Diah, Shinta Hidayati dan Dian Ekawati mengalahkan Jabar dengan angka 14 – 11.

Adapun di putra tim Jateng tidak menemui kesulitan menumbangkan tim Kalimantan Barat (Kalbar) dengan angka 39 – 14. Dalam pertandingan dua babak kedua tim menampilkan permainan cepat. Namun karena menang pengalaman, Jateng putra berhasil menutup dengan kemenangan cukup telak. Dengan dua kali kemenangan, putra Jateng mengikuti jejak putri ke semifinal. Hal itu terjadi dari dua kali tanding belum terkalahkan. Kemenangan pertama lawan putra Sumbar dengan skor cukup telak pula 30 – 7.

Hal itu membuat Sekjen PB ABTI, Mayjen TNI (Purn) Gadang Pambudi memberikan acungan jempol. Peningkatan prestasi pemain bola tangan di Indonesia terus berkembang. Semua itu terpantau dari pemain Kalsel putri yang memberikan perlawanan ketat pada tim asal Jawa yang cukup disegani.

Meningkatnya permainan atlet dari seluruh penjuru tanah air memberikan persaingan ketat jalannya pertandingan. Hal itu pula jalannya pertandingan enak ditonton tanpa ada permainan yang berat sebelah dalam mengejar nilai kemenangan.

Gadang berharap, kedepannya pertumbuhan atlet bola tangan makin marak. Bahkan semua Pengprov memiliki tim-tim bola tangan yang tangguh, baik di putra maupun putri. Dengan harapan, saat PB ABTI akan menurunkan atletnya dikancah internasional akan mendapatkan pemain yang handal dalam suatu tim nasional yang tangguh pula, baik di putra maupun putri.

Kemajuan cabang olahraga bola tangan kata Gadang, tidak terlepas upaya keras Ketua Umum PB ABTI Mayjen TNI (Purn) Dody Usodo Hargo baik atlet indoor menuju PON XX di Papua tahun 2020 maupun tim bola tangan pantai menuju SEA Games ke 30 di Filipina Desember mendatang. “Pak Ketua Umum tidak henti-hentinya terus berjuang agar bola tangan pantai bisa tampil di SEA Games XXX di Filipina,” tegas Gadang lagi. (Warso)