Tinjau UTBK di UI, Dirjen Dikti Ingatkan Protokol Kesehatan

0

JAKARTA (Suara Karya): Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Nizam mengingatkan para pelaksana ujian tulis berbasis komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Penerapan prokes adalah kunci untuk pencegahan penularan covid-19,” kata Nizam saat meninjau pelaksanaan UTBK di kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba, Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Nizam didampingi Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbud, Aris Junaidi dan Ketua Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo.

Sebagai informasi, UTBK 2021 gelombang pertama telah dimulai secara serentak di Indonesia sejak 12 April 2021 lalu. Ujian akan selesai pada 18 April 2021. Sedangkan UTBK gelombang kedua digelar pada 26-30 April 2021 dan 1-2 Mei 2021, sesuai jadwal yang ditetapkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Nizam meyakini, pelaksanaan UTBK 2021 akan berjalan lancar. Karena UTBK telah dipersiapkan secara matang, belajar dari pengalaman UTBK 2020 yang digelar dalam kondisi yang sama, lantaran pandemi covid-19 belum berakhir.

“Panitia UTBK sudah belajar dari pengalaman tahun lalu. Yang penting, prokes dijalankan panitia secara ketat,” ucap Nizam menegaskan.

Langkah antisipasi yang dilakukan kampus UI dalam pelaksanaan UTBK 2021 adalah sterilisasi ruang ujian terlebih dulu, lalu pengecekan suhu tubuh pada peserta dan penerapan 3M. Bahkan peserta diminta melakukan rapid test covid-19 demi kenyamanan bersama.

Budi Prasetyo menambahkan, setiap peserta harus mengetahui persyaratan sebelum mengikuti ujian UTBK. Ia juga memastikan soal dalam UTBK bebas dari kebocoran. “Kami jamin tak ada kuota ‘lewat belakang’ seperti berita yang beredar di masyarakat,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Abdul Haris, Dekan Fakultas Kedokteran UI Ari Fahrial Syam, Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia, dan Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI Gunawan. (Tri Wahyuni)