Tito Karnavian: Anggota Polri Terlibat Kasus Narkoba Alami Peningkatan di 2018

0
Kapolri, Jenderal (Pol) Tito Karnavian

JAKARTA (Suara Karya): Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan catatan buruk di tahun 2018. Catatan dimaksud terkait meningkatnya jumlah anggota Polri yang terlibat narkoba. Hal itu terbukti ada 244 anggotanya yang diproses pidana, dan 297 anggota polri yang ketahuan mengkonsumsi.

Jumlah pelanggaran disiplin berupa konsumsi narkoba, meningkat 2,8 persen dibandingkan tahun 2017. Sedangkan pelanggaran pidana narkoba meningkat 221 persen dibanding 2017.

“Pada 2017, jumlah anggota yang mengkonsumsi narkoba sebanyak 289 orang. Sementara yang dijerat pidana ada 76 orang,” ujar Kapolri Tito Karnavian, kepada wartawan, dalam acara rilis Akhir Tahun 2018, di Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2018).

Meningkatnya jumlahnpelanggaran disiplin anggota Polri ini, kata Kapolri, didorong oleh upaya proaktif dan ketegasan pimpinan Polri untuk menindak semua bentuk pelanggaran terkait narkoba, termasuk yang dilakukan personel Polri.

Tak hanya itu, Tito juga menyampaikan pelanggaran anggotanya di luar kasus narkoba. Seperti pelanggaran pidana, Kapolri mencatat antara lain tindak asusila, penipuan, pencurian, dan pencabulan.

Dia mengatakan, pelanggaran asusila tercatat ada 6 orang, penipuan 4 orang, pencurian 6 orang. “Pencabulan ini meningkat dari 2017 satu orang menjadi 3 orang,” ujarnya menambahkan. (Gan)