TOFI Raih Medali Emas pada Olimpiade Fisika Eropa di Latvia

0

JAKARTA (Suara Karya): Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) kembali mendulang prestasi pada perhelatan Olimpiade Fisika Eropa (European Physics Olympiad/EUPho) ke-3 di Riga, Latvia pada 31 Mei-4 Juni 2019. Mereka meraih 1 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu.

“Keberhasilan TOFI menjadi kado terindah bagi kami di hari Lebaran ini,” kata Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Kurikulum, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Suharlan saat menyambut kedatangan mereka di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta pada Rabu (5/6/2019).

Suharlan pada kesempatan itu didampingi Kepala Seksi Kepribadian, Direktorat Pembinaan SMA, Kemdikbud, Alex Firngadi.

Siswa peraih medali emas, disebutkan, Ivander Jonathan Marella Waskito dari SMA Mawar Sharon Christian School Surabaya. Sedangkan medali perak berhasil diraih Nixon Widjaja dari SMAK IPEKA Plus, Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang dan Yuwanza Ramadhan dari SMAN 1 Depok.

Untuk peraih medali perunggu adalah Gusti Putu Surya Govinda Atmaja dari SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta dan Daffa Fathani Adila dari SMAN 8 Jakarta.
“Ini prestasi yang luar biasa. Kami kirim 5 siswa, dan semuanya berhasil merebut medali,” ujarnya.

Suharlan menambahkan, prestasi siswa Indonesia di tingkat dunia tak hanya pada bidang fisika, tetapi juga bidang lainnya seperti matematika, kimia, biologi, komputer hingga astronomi. Pemerintah aktif menjaring pelajar terbaik untuk dikirim mewakili nama Indonesia guna meraih posisi tertinggi dunia.

Hal senada dikemukakan Ketua Tim asal Makassar Syamsu Rosid. Siswa yang tergabung dalam TOFI merupakan hasil seleksi antarprovinsi di Indonesia, hingga terpilih 5 siswa terbaik.

Ditambahkan, kelima siswa terpilih itu kemudian menjalani 2 minggu masa karantina untuk fokus mempersiapkan diri sebelum berangkat ke Latvia. Berbagai persiapan dilakukan agar siswa lebih percaya diri saat berkompetisi di luar negeri.

“Sebenarnya TOFI memiliki tradisi emas. Karena pada International Physics Olimpiad (IPhO) 2018 di Lisabon Portugal, Indonesia berhasil meraih 1 medali emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu,” kata Syamsu menandaskan. (Tri Wahyuni)