Tol Salatiga-Kartasura Berfungsi pada Libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

0
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek progres pembangunan jalan tol Semarang-Solo ruas Salatiga-Kartasura. (Antara)

SEMARANG (Suara Karya): Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan jalan tol Semarang-Solo ruas Salatiga-Kartasura bisa dilalui masyarakat pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Ternyata bangunan utama tol Salatiga-Solo sudah siap, cuma masih kurang merapikan saja, libur Natal dan tahun baru sudah bisa digunakan,” katanya saat melakukan pengecekan progres pembangunan jalan tol ruas Salatiga-Kartasura di Jembatan Kalikenteng, Susukan, Kabupaten Semarang, Jumat (14/12/2018).

Melihat kondisi jalan yang sudah nyaris selesai 100 persen, Ganjar mengaku senang dan optimistis akhir tahun ini semua tol di Provinsi Jawa Tengah akan rampung.

Menurut politikus PDI Perjuangan itu, jalan tol Semarang-Solo nantinya bisa ditempuh masyarakat dalam waktu 1,5 jam.

“Kondisinya ini ya kira-kira 100 persen kurang sedikitlah, Semarang-Solo saya coba kemarin 1,5 jam, saya sudah coba dua kali ini,” ujarnya.

Orang nomor satu di Jateng itu juga akan mengupayakan jalan tol Salatiga-Kartasura bisa dilalui pada libur Natal dan tahun baru mendatang dengan tujuan untuk memecah kepadatan jalan umum Salatiga-Boyolali.

Ganjar juga memastikan kesiapan suplai bahan bakar minyak (BBM) untuk penggunaan total Semarang-Solo pada arus libur Natal dan tahun baru nanti.

Ganjar menyebutkan pada prinsipnya suplai BBM pada arus padat seperti liburan panjang Natal dan tahun baru ini tidak jauh beda penanganannya dengan arus mudik.

“Kalau nanti sudah kita uji coba, tapi Natal belum siap dukungannya, akan kita support BBM portabel. Kita akan bantu, kita siapkan,” katanya.

Terkait dengan peresmian jalan tol Semarang-Solo, Ganjar mengaku belum mendapat informasi pasti dari kementrian terkait.

“Rencana 20 Desember akan dibuka, kelihatannya Pak Presiden yang meresmikan,” ujarnya.

Ganjar bersama rombongan mengawali tinjauan dari pintu tol Jatingaleh Semarang menuju exit tol Salatiga kemudian melanjutkan tinjauan ke ruas Salatiga-Kartasura dan berhenti di Jembatan Kalikenteng.

Jalan tol Semarang-Solo memiliki panjang total 72,64 kilometer, sedangkan ruas tol Salatiga-Kartasura sepanjang 32,6 km. (Anggoro Oetomo)