Trump Sebut AS Sedang Negosiasi Pembebasan Warga di Korut

0
(Reuters/Win McNamee/Pool)

Jakarta – Presiden Donald Trump mengatakan pembicaraan mengenai pembebasan tiga warga Amerika Serikat yang selama ini ditahan Korea Utara tengah berlangsung.

“Kami sedang berjuang dengan sekuatnya agar tiga warga Amerika bisa kembali. Saya pikir ada peluang bagus soal ini. Kami melakukan dialog yang sangat baik,” kata Trump kepada wartawan usai bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Florida, Rabu (18/4).

Negosiasi dilakukan seiring peredaan ketegangan antara AS dan Korut menyusul rencana pertemuan bersejarah antara Trump dan Kim Jong-un sekitar akhir Mei atau awal Juni mendatang.

“Mike Pompeo bertemu Kim Jong Un di Korea Utara pekan lalu. Pertemuan berjalan sangat lancar dan hubungan yang baik terjalin,” kicau Trump.

Trump juga mengatakan rincian pertemuannya dengan Kim Jong-un masih terus digodok. Presiden AS ke-45 itu berharap Korut mau sepenuhnya melucuti senjata nuklir dalam pertemuannya dengan Kim Jong-un nanti.
Lihat juga: Hormati Tahanan Korut yang Tewas, AS Ganti Nama RUU Sanksi
Jika diskusi tak sesuai harapannya, Trump bersumpah akan keluar atau walk out dari pertemuan itu.

“Jika kami berpikir pertemuan ini tidak akan berhasil, kami tak akan melakukannya. Jika pertemuan yang saya hadiri nanti tidak berhasil dan sesuai keinginan, saya akan dengan hormat meninggalkan pertemuan itu,” ujar Trump.

Trump menegaskan Washington akan terus menekan Pyongyang sekuat mungkin melalui sanksi sampai negara terisolasi itu mau sepenuhnya melucuti senjata nuklir.

“Akan ada masa depan cerah bagi Korut ketika negara itu berhasil melucuti senjata nuklir sepenuhnya melalui cara yang terukur dan tetap. Akan menjadi hari yang sangat baik bagi Korut dan dunia jika hal itu terjadi,” ucap Trump seperti dikutip Reuters.