Suara Karya

Turnamen Basket Antaralumni SMAN 8 Jakarta Berlangsung Meriah

JAKARTA (Suara Karya): Basket menjadi salah satu olahraga favourite pelajar sekolah menengah pertama dan atas. Bahkan, hingga mereka lulus puluhan tahun kemudian pun, masih banyak alumni pelajar SMP dan SMA yang terus bermain basket, baik untuk menjaga kebugaran tubuh, juga ajang silaturahmi diantara alumni.

Nah, alumni SMAN 8 Jakarta dari lintas angkatan yang punya hobi bermain basket dari masa sekolah hingga menjadi professional diberbagai bidang, tergabung dalam wadah komunitas yang mereka sebut Bandel alias Basket Alumni Smandel atau SMA Delapan.

Komunitas basket Smandel ini untuk kali kedua menggelar turnamen basket antarangkatan yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Otista, Jakarta Timur yang diikuti tim alumni berbagai angkatan, mulai angakatan 81 hingga 2013. Turnamen yang diikuti 22 tim/angkatan ini bertema “Fun Fit Forever”.

Layaknya turnamen antar SMA, acara pembukaan turnamen Bandel Lintas Alumni pada Sabtu (19/11/2022) berlangsung meriah; tiap tim membawa papan nama angkatannya, berbaris dengan angkatan yang mengikuti turnamen ini. Selain itu. Ada dance dan juga beragam atraksi yang membuat GOR Otista bergemuruh.

Turnamen yang didukung banyak sponsor, seperti Museum Bank Indonesia (Mubi), Bank DKI, Adaro, Hutama Karya, Sarana Jaya, Brick House, Saka, Diagnos, DP/Dharmaputra dan sebagainya ini menjadi ajang kumpul, silaturahmi, dan juga ‘reuni kecil’ tiap angkatan. Sebelum pertandingan dimulai, ada kuis tentang uang keluaran Bank Indonesia dari Museum Bank Indonesia yang disampaikan Najah dan Jordan.

Turnamen yang berlangsung setiap Sabtu-Minggu ini juga didukung kegiatan: bazaar / reunion point best supporter dan yel yel competition, three point competition, cheerleader / dance competition. Panitia juga menyelenggarakan lomba foto selama pertandingan.

Ketua Panitia Pelaksana Turnamen Basket Antaralumni Smandel 2022, Fathoum Saulina mengatakan, turnamen ini adalah acara dua tahunan yang berkesinambungan, sejarah keterlibatan para alumni yang terbukti di tahun 2018, acara ini diikuti oleh 20 angkatan dan dikunjungi oleh sekitar 1200 pengunjung.

“Tujuan utama turnamen ini adalah menjalin tali silaturahmi antaralumni, khususnya alumni pebasket dan pecinta basket, tetap mengingat bahwa sehat itu penting namun juga harus dilakukan dengan gembira. Tujuan-tujuan inilah yang melahirkan tema turnamen ini “Fun Fit Forever”,” ujar Fathoum yang lulus dari Smandel 1992 dan melanjutkan kuliah di Heriot Watt University, Inggris.

Bangga pada Alumni

Ketua Ikatan Alumni Smandel, Sigit Winarto yang memberikan sambutan sekaligus membuka turnamen basket antaralumni ini menyatakan kebanggaannya bahwa para alumni Smandel mampu menggelar turnamen yang menjunjung sportivitas tinggi, sambil bersilaturahmi memperkuat soliditas alumni.

Acara pembukaan turut dihadiri perwakilan sponsor dan juga alumni senior. Para “pengusaha” UMKM Alumni Smandel juga ikut meriahkan turnamen ini. Mereka berjualan aneka produk makanan, minuman, asesoris basket, dan kosmetika. Kolaborasi ini memperlihatkan betapa alumni Smandel saling mendukung untuk sebuah kegiatan yang positif bagi keluarga besar SMAN 8 dan juga bagi masyarakat.

Seperti turnamen olahraga lainnya, ajang turnamen basket antar alumni Samandel ini juga menyediakan hadiah bagi para juara yang dibagi dalamtiga kategori, hadiah untuk pemenang angkatan 80-an, angkatan 90-an, dan angkatan 2000-an. (Pramuji) 

Related posts