Uang Saku Mahasiswa Magang dan Studi Independen Cair Akhir Oktober!

0

JAKARTA (Suara Karya): Uang saku mahasiswa Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) akan cair secara bertahap pada 21-27 Oktober 2021. Uang saku tersebut diberikan tiga bulan sekaligus, yaitu Agustus, September dan Oktober.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesdirjen) Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek, Paristiyanti Nurwardani dalam siaran pers, Sabtu (23/10/21).

Menurut Paris, pemberian uang saku bagi mahasiswa MSIB merupakan terobosan baru yang dilakukan Ditjen Diktiristek. Alasannya, agar mahasiswa bisa lebih fokus dalam mencari pengalaman dan ilmu baru di industri dan dunia usaha.

“Pencairan uang saku selanjutnya, dipastikan setiap akhir bulan, agar mahasiswa tetap terdukung biaya hidupnya selama mengikuti program,” tutur Paris.

Ditambahkan, Program MSIB adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Kegiatan itu berlangsung selama 1-2 semester, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan.

“Kami sangat bangga kepada para mahasiswa yang sudah mulai magang dan studi di luar kampus,” kata Paris.

Melalui program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, mahasiswa didorong untuk merdeka dalam meningkatkan kompetisi diri dengan pengalaman nyata yang dicari dunia usaha dan dunia industri.

Paris menyebut banyaknya mahasiswa peserta program Kampus Merdeka. Jumlahnya mencapai hampir 13.000 mahasiswa. Untuk itu, Ditjen Diktiristek membentuk tim verifikasi dokumen pencairan yang lebih besar, agar tak terjadi lagi keterlambatan pencairan uang saku.

“Uang saku bulan Agustus dan September 2021 bagi mahasiswa peserta program Magang dan Studi Independen Bersertifikat sudah mulai cair 21 Oktober 2021 dan akan cair bertahap sampai dengan 27 Oktober 2021,” kata Paristiyanti menegaskan. (Tri Wahyuni)