UGM: Jangan Percaya Pihak yang Jamin Pasti Masuk UGM

0
(Suarakarya.co.id/Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Jangan percaya kepada orang yang mengaku dapat memasukkan putera puterinya ke Universitas Gadjah Mada (UGM), karena semuanya melalui seleksi resmi yang sudah ditetapkan.

Selain itu tidak ada pungutan sama sekali selain biaya/tarif yang ada di laman resmi UM UGM dan laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“UGM tidak mengenal calon mahasiswa ‘diterima dicadangan’ atau diterima di kelas transisi. UGM hanya menerima mahasiswa S1 dan diploma pada semester gasal/ganjil (masuk di bulan Agustus). Jika ada informasi seperti itu mohon dikaji kebenarannya, kalau ada informasi yang kurang jelas, dapat melihat laman resmi LTMPT dan um.ugm.ac.id,” ujar Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Gigi UGM, Tetiana Haniastuti.

Tetiana menjelaskan hal itu ketika memberikan paparan pada siswa dan orang tua siswa SMAN 8 Jakarta, dalam acara Edufair Part 3 sesi 3 yang dilakukan secara online melalui webinar zoom dan Youtube, Senin (5/10).

Ibu Prita dari bagian Kemahasiswaan UGM juga membantu menjelaskan selain program regular di UGM, banyak pula program Kelas International dari UGM yang pendaftarannya biasanya dimulai di akhir semester ganjil.

Jurusan – jurusan yang tersedia di International Undergraduate Program UGM antara lain Kedokteran, Psikologi, Akuntansi, Hukum, Management, Ilmu Ekonomi, Ilmu Komputer, Hubungan Internasional dll.

Menutup pemaparannya Tetiana berpesan kepada siswa siswi SMAN 8 Jakarta yang mmeiliki motto, Rajawali Emas agar anak anak harus menentukan pilihan prodi yang sesuai dengan minatnya sehingga akan mendapatkan hasil akhir yang maksimal nantinya.

Dari UGM, selain Tetiana Haniastuti, ,Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Gigi UGM dan juga hadir Prita dari bagian Kemahasiswaan UGM. Prita menjelaskan selain program regular di UGM, banyak pula program Kelas International dari UGM yang pendaftarannya biasanya dimulai di akhir semester ganjil.

Jurusan – jurusan yang tersedia di International Undergraduate Program UGM antara lain Kedokteran, Psikologi, Akuntansi, Hukum, Management, Ilmu Ekonomi, Ilmu Komputer, Hubungan Internasional dan lain-lain.

Menutup pemaparannya Ibu Tetiana berpesan kepada siswa siswi Rajawali Emas agar anak anak harus menentukan pilihan prodi yang sesuai dengan minatnya sehingga akan mendapatkan hasil akhir yang maksimal nantinya.

Hati-hati Tentukan Pilihan

Selain UGM, pada sesi akhir Edufair Senin kemarin, juga hadir perwakilan dari UB (Universitas Brawijaya) – Malang. Termasuk salah satu universitas yang banyak diminati di proses seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri di tahun 2020.

Univesitas Brawijaya dengan narasumbernya yait Oky Dian Sulistyo, dan Indra Kurniawan dari Bagian Kearsipan dan Hubungan Masyarakat, menjelaskan secara menyeluruh informasi mengenai jurusan jurusan dan fakultas, lengkap dengan tingkat keketatan passing grade nya dari tahun lalu.

Mereka berdua memberikan pesan penting kepada Rajawali Emas SMA N 8 Jakarta untuk berhati hati daalam mennetukan pilihan jurusan yang akan dipilh dan harus karena passion bukan terpengaruh oleh dorongan dari luar, karena kalianlah yang akan menjalani proses belajar di universitas dengan jurusan yang kalian pilih, jangan sampai menyia-nyiakan waktu dan juga biaya yang telah dikeluarkan oleh orang tua kita. (Pramuji)