UP Siapkan Beasiswa hingga Rp1,4 Miliar bagi Siswa di Wilayah 3T

0

JAKARTA (Suara Karya): Universitas Pertamina menyiapkan beasiswa hingga Rp1,4 miliar bagi siswa di wilayah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal) yang ingin menempuh pendidikan di kampus tersebut. Beasiswa tersebut akan berlaku selama 8 semester perkuliahan.

“Jadi siswa di wilayah 3T yang ingin kuliah Universitas Pertamina, mulailah cari informasi seputar Beasiswa Ujung Negeri,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Universitas Pertamina, Budi W Soetjipto dalam siaran pers, Minggu (16/5/2021).

Budi Soetjipto menjelaskan, beasiswa tersebut akan memberi pembebasan 100 persen uang gedung dan uang SPP selama masa pendidikan 8 semester. Calon mahasiswa yang lolos seleksi itu akan dapat uang saku bulanan, biaya transportasi ke Jakarta dan biaya premi asuransi kecelakaan.

Selama menempuh pendidikan di Universitas Pertamina, lanjut Budi Soetjipto, penerima beasiswa akan ditanamkan 6 nilai universitas yang salah satunya tanggung jawab sosial. Alumni Beasiswa Ujung Negeri diharapkan kembali ke kampung halaman untuk membangun negeri.

“Mahasiswa penerima beasiswa, selama masa perkuliahan, juga dapat akses untuk magang dan kerja praktik di industri, termasuk di Pertamina Grup,” ucapnya.

Ditegaskan, penerima beasiswa tidak dibeda-bedakan dalam perkuliahan. Mereka tetap diajar para dosen dan praktisi yang memang ahli di bidangnya. Selain ada kesempatan untuk berkarir di Pertamina grup untuk lulusan terbaik, sesuai syarat dan aturan yang berlaku di Pertamina.

Beasiswa Ujung Negeri tahun akademik 2021/2022 terbuka bagi lulusan SMA dan sederajat tahun 2021 dan 2020 yang lulus pada jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR) Universitas Pertamina periode 5 (lima). Seleksi itu merupakan seleksi tanpa tes.

Pendaftaran SNR5 dan Beasiswa Ujung Negeri dibuka sejak 4 Mei hingga 21 Juni 2021, melalui laman https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran. Peserta seleksi juga wajib menyusun karya tulis bertema “Kontribusi Saya kepada Daerah Asal setelah Lulus dari Universitas Pertamina”.

Selain Beasiswa Ujung Negeri, Universitas Pertamina juga memiliki 15 jenis beasiswa lainnya. Informasi lengkap tentang beasiswa dapat diakses di laman https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa/.

Budi Soetjipto menjelaskan beasiswa diberikan kepada siswa dari wilayah 3T sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan pembangunan di wilayah tersebut.

Berkat upaya itu, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) mencatat, jumlah daerah tertinggal dalam 5 tahun terakhir semakin berkurang. Dari total 122 daerah tertinggal pada 2015, kini tinggal 62 daerah.

“Guna mempercepat proses peningkatan pembangunan di wilayah 3T, Pertamina selalu pengelola Universitas Pertamina mengalokasikan dana Rp1,4 miliar agar mereka bisa kuliah di Universitas Pertamina secara gratis,” kata Budi menandaskan. (Tri Wahyuni)