Suara Karya

Utut Adianto : Susanto, Irine dan Medina Berpeluang Tampil di Piala Dunia

JAKARTA (Suara Karya) : Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto menegaskan, 58 pecatur dari 9 negara akan mengadu ilmu di Asian Zona 3.3 Open & Women Chess Championship 2023″ untuk mendapatkan tiket menuju Piala Dunia di Baku, Azerbaijan, yang akan digelar Juni hingga Agustus.

“Kami bersyukur 9 dari 17 negara yang ada di Asia Zona 3.3 mengirimkan atletnya tampil memperebutkan tiga tiket menuju Piala Dunia 2023,” tegas GM Utut Adianto seusai membuka Asian Zona 3.3 Open & Women Chess Championship 2023″ di Hotel Century, Jakarta, Jumat (5/5/2023) malam.

Hal itu yang membuat kejuaraan tersebut digelar, meski pembukaannya. bersamaan dengan SEA Games 32 di Kamboja. “Kejuaraan Asian Zona 3.3 kali ini murni mencari tiket menuju Piala Dunia, bukan menandingi pagelaran SEA Games, ” tegas Utut.

Utut berharap, para pecatur handal. Indonesia seperti Irine Kharisma, Medina dan Susanto Megaranto berpeluang meraih tiket ke Piala Dunia (kejuaraan Catur bergengsi di dunia). Bila hal ini tercapai, maka pamor pecatur nasional semakin berkibar di dunia.

“Saya optimis para pecatur nasional yang tampil Asian Zona 3.3 akan berusaha seoptimal mungkin meraih juara. Karena sang juara itulah yang. Pasti lolos ke piala Dunia nantinya, ” papar Utut yang juga Ketua fraksi PDIP komisi III DPR RI itu.

Sedang para pecatur yang siap mengejar tiket menuju Piala Dunia datang dari Malaysia, Thailand, Mongolia, Singapura, Taiwan, Vietnam, Indonesia, Hongkong, dan Filipina. Mereka akan bertanding selama sepekan, mulai tanggal 5 hingga 13  Mei 2023 di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta.

Pada kesempatan terpisah, pecatur Indonesia GMW Irine Kharisma mengatakan siap tampil dalam pertandingan. “Saya akan berusaha seoptimal mungkin meraih juara. Tampil juara sudah jelas meraih tiket ke Piala Dunia, ” tegasnya.

Irine mengakui, lawan cukup tangguh datang dari Mongolia dan Vietnam. Namun ia akan berusaha memantau opening yang akan dilakukan, baru melakukan strategi meraih kemenangan. Semua itu biasa dilakukan saat menghadapi lawan datang dari manapun juga. (Warso)

Related posts