Suara Karya

Vaksinasi Covid-19 di Kolese Kanisius, Persiapkan Penyuntikan Tahap Kedua

JAKARTA (Suara Karya) : Sebanyak 4.500 orang lanjut usia (lansia) yang memiliki KTP DKI Jakarta sudah melakukan penyuntikan pertama vaksinasi Covid-19 yang berlangsung 8-13 Maret 2021 dan 16-18 Maret 2021, di Kolese Kanisius, Jalan Menteng Raya 64 Jakarta Pusat. Dijadwalkan, penyuntikan kedua vaksinasi Covid-19 berlangsung awal April mendatang.

“Kegiatan vaksinasi Covid-19 ini belum selesai. Masih akan ada penyuntikan tahap kedua yang akan dilaksanakan di awal April nanti. Kepada para lansia yang telah disuntik pertama di Kanisius ini nanti silakan datang lagi ke Kanisius untuk penyuntikan kedua yang jadwalnya akan kami ingatkan kembali kepada ibu bapak sekalian melalui WA atau SMS atau pun email,” kata Irlan Suud, panitia pengarah kegiatan dan juga ketua Alumni Kanisius Menteng (AM64) pada hari terakhir penyuntikan tahap pertama di Kolese Kanisius, kemarin.

Pada hari terakhir penyuntikan pertama ini,  panitia Alumni Kanisius Menteng 64 juga mengajak beberapa pemulung lansia ber-KTP Jakarta untuk disuntik Vaksin Covid-19. Dalam hal ini panitia bekerjasama dengan lembaga Institut Kewarganegaraan Indonesia.

“Jumlah yang bisa kami ajak memang belum bisa banyak atau tidak lebih dari 10 orang pemulung. Sebab masih banyak dari pemulung yang kami tawari untuk divaksin menyatakan menolak. Namun demikian,  kami optimis bahwa mereka yang telah divaksin ini akan memberi pengaruh positif kepada mereka yang belum mau divaksin,” ungkap Tomi Pratomo, alumni Kanisius angkatan 1984 yang turut mendampingi para pemulung tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Kolese Kanisius  Pater Heru Hendarto SJ menyampaikan ucapan terimakasih mewakili seluruh Keluarga Besar Kolese Kanisius kepada para nakes (tenaga kesehatan) dari RS Carolus yang telah bekerja keras bagi suksesnya vaksinasi Covid-19 di Kanisius.

Setidaknya lebih dari 50 nakes yang terdiri dari dokter, perawat maupun bidan bertugas secara bergantian melaksanakan pemeriksaan kesehatan hingga penyuntikan kepada para lansia selama 8 hari kegiatan penyuntikan pertama.

Sementara itu, Juanito Tiwow, alumni Kanisius 1991 yang juga Ketua Umum Perhimpunan Alumni Kolese Kanisius Jakarta (PAKKJ) meyakini bahwa penyuntikan kedua nanti akan bisa dilaksanakan dengan sama baiknya seperti pelaksanaan penyuntikan pertama ini.

“Memang ada perbaikan yang harus kami lakukan dalam pelayanan kepada para lansia di penyuntikan kedua nanti. Tapi rasanya perbaikan tersebut hanya minor sifatnya,” jelas Juanito.

Dalam penyuntikan kedua nanti, panitia juga mendapat tambahan dukungan yang datang dari Bank Mandiri dan Indika Foundation. Pada penyuntikan pertama, panitia mendapat dukungan dari PT Santini Luwansa Lestari, PT Combiphar,  PT Jaddi International Group, PT IGP Group, dan Taspen.

“Kami berterimakasih kepada pihak Bank Mandiri dan Indika Foundation atas perhatian yang mereka berikan kepada kami. Dukungan tersebut menandakan bahwa gotong royong kemanusiaan yang tengah kami lakukan ini gayung bersambut dengan semangat berbagai pihak yang memiliki kepedulian yang sama untuk menanggulangi pandemi Covid-19 ini,” kata Dani Wanandi, alumni Kanisius tahun 1987 yang juga Ketua Dewan Pembina Alumni Kanisius Menteng 64 (AM64) di lokasi kegiatan. (Warso)

Related posts