VRI Depok Gelar Rockustik Nite untuk Bangkitkan Kejayaan Rock

0
Ketua Vokalis Rock Indonesia (VRI) Depok atau Chapter Depok, Coki Aritonang. (suarakarya.co.id/istimewa)

DEPOK (Suara Karya): Musik rock pernah berjaya di Indonesia pada dekade 1970an hingga pertengahan 1990an. Saat itu masyarakat Indonesia akrab melihat penampilan band-band rock Indonesia mulai dari Giant Step, The Rollies, God Bless hingga GrassRock, dan Edane, misalnya.

“Keinginan membangkitkan kembali kejayaan musik rock Indonesia itulah yang mendasari kami sehingga menggelar ajang ‘Rockustik Nite, Road Cafe to Cafe’ di Kota Depok,” ujar Ketua Vokalis Rock Indonesia (VRI)¬†Depok atau Chapter Depok, Coki Aritonang kepada media di Depok, Senin (29/7/2019).

Coki menjelaskan, VRI Depok telah menggelar ajang “Rockustik Nite, Road Cafe to Cafe” selama tiga kali. Ketiganya digelar di kafe yang berada di sekitar Depok yakni Kedai Rinbull’s 13 Juli 2019, Roemah Kopi Dokat 20 Juli 2019, dan Tempat Ngupi 24 Juli 2019.

Acara tersebut digelar setiap pekan. Selanjutnya VRI Depok akan mengakhiri ajang “Rockustik Nite, Road Cafe to Cafe” (episode perdana) di Kafe Teras Cozy (Meruyung, Depok) pada Sabtu, 3 Agustus 2019, petang hingga tengah malam.

“Di ajang terakhir nanti, seluruh vokalis yang terhimpun di VRI Depok akan tampil membawakan lagu-lagu ternama atau karya sendiri. Jadi, kami benar-benar tampil maksimal untuk menghibur masyarakat Indonesia, khususnya di Depok,” Coki menegaskan.

Terkait hal itu, Coki menyampaikan, VRI Depok membutuhkan dukungan dari semua kalangan agar musik rock Indonesia kembali mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Dukungan itu meningkatkan kreatifitas para musisi rock untuk menggemuruhkan rock di Indonesia.

Para Rockers yang tampil pada ajang pamungkas (episode perdana) nanti antara lain: Doddy Katamsi, Robbie Matulandi, Atta Javatta,Tatan Said, Aji San, Sonny Charis, Susy Widiaty, Rantox, After Shift (Band), Echa Harahap Feat. Kopi Kentrunk (Band), Akusara (Band), Coki Aritonang, Mr. Easy, Denji Hardy & RSJ Choir, Iwan Gayo, Rio TMII, Richard Pangalo, Willy Wong, Wira Maharandi, Hadi Marcho, Bagus Gatot Kaca, Achiel Harmonika, Zedi, Vitri, Bram Jagger, Revis, Ammar Bob, Dhika Diaz, Iwan Vitra,  V Angel dan dipandu oleh pembawa acara Hages Budiman.

Acara ini juga diagendakan untuk dihadiri para vokalis rock nasional antara lain Ecky Lamoh, Ikang Fawzi, Bangkit Sanjaya, Connie Constanstia, Jodie Wenas, Amir Roez, Kadri Mohamad, Husein Alatas, Pipit Fitriansyah, dan Jon Angelz.

Para vokalis yang tampil akan diiringi VRI Band. Band yang didirikan VRI Depok ini digawangi Bay Guitaro (gitar), Dock (gitar), Viul Kurniawan (gitar), Ungky (drum), dan Hadri (bass).

“Rockustik Nite, Road Cafe to Cafe kali ini adalah episode perdana. Selanjutnya VRI Depok segera menggelar episode kedua dan seterusnya. Kami juga berencana road cafe to cafe di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan kota lainnya. Tentu bekerjasama dengan VRI di daerah itu. Semua ini kami lakukan secara maksimal semata-mata agar musik rock Indonesia kembali terbang tinggi,” Coki memungkasi.

Sebagai tambahan, VRI berdiri atas perenungan mendalam Alexander Theodore Lamoh, S.Pd.K atau Ecky Lamoh.

Mantan vokalis Edane dan El Pamas itu merasa para vokalis rock di Indonesia membutuhkan sebuah organisasi profesi yang bisa menjadi wadah pembinaan bagi mereka. Wadah ini juga harus bersifat terbuka dan Independen sehingga bisa membesarkan para rocker.

Bagi Kota Depok, kelahiran VRI menjadi sesuatu yang cukup fenomenal. Dua rocker Depok, Aji San dan Hadi Marcho turut membidani kelahiran VRI pada 19 Maret 2018 di Cilandak, Jakarta. (Pram)