Wakil Rektor III Bangga, di Bulan Suci Ramadhan Mahasiswa UNJ Suguhkan Prestasi Cemerlang

0

JAKARTA (Suara Karya) : Bulan suci Ramadhan dan pandemi Covid – 19 mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tetap menunjukkan prestasi terbaiknya. Hal itu dibuktikan dengan meraih prestasi dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Inovasi Pendidikan Indonesia (IDEA) yang diselenggarakan mulai 15 Februari dan berakhir 17 April 2021.

“Semangat juang para mahasiswa terus menggelora di bulan suci Ramadhan dengan menyuguhkan prestasi terbaiknya. Saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraihnya, begitu juga pada Dosen pembimbing yang selalu memberikan dukungan pada para mahasiswa untuk berprestasi di lomba karya tulis ilmiah tersebut,”tegas Rektor UNJ Prof.Dr. Komarudin, M.Si di Jakarta, kemarin.

Sementara Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si. mengatakan, prestasi apapun yang disumbang mahasiswa dalam mengharumkan nama kampus dan almamater dia berikan acungan jempol. Apalagi prestasi yang diukir dalam masa pandemi Covid – 19 dan Bulan Suci Ramadhan.

Abdul Sukur setelah menerima laporan dari Tim Pengembang Wakil Rektor (WR) 3 UNJ, Taryudi, S.T., M.T., Ph.D mengatakan, lomba karya tulis ilmiah dengan Tema “Solusi dan Kontribusi Gen Z dalam Mempersiapkan Inovasi Pendidikan Berkemajuan di Masa Pandemi dan Pasca Pandemi”, bukan sekedar untuk mengisi waktu, namun diharapkan dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang menjadi dasar pemikiran pada masa mendatang. Bahkan sekaligus menyalurkan pemikiran dan gagasan mahasiswa dan siswa Indonesia terhadap bidang pendidikan khususnya Indonesia. Berdasarkan pertimbangan tersebut lomba karya tulis ilmiah ini diselenggarakan.

Alhamdulillah Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta menorehkan 3 juara, diantaranya, juara 3 dalam subtema 1 diraih tim UNJ yang beranggotakan
Yusri Anggun Jelita mahasiswa
Fakultas Ilmu Sosial/Pendidikan Geografi, Andhika Putra Pratama (Mahasiswa Fakultas Teknik/Pendidikan Teknik Mesin) dan Siti Nur Rachmawati (Mahasiswa
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Pendidikan Matematika).

Sedang di Subtema 2 juga juara 3 diraih tim UNJ yang bermaterikan
Yolanda Devi Suci Andjani (Mahasiswa
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Pendidikan Kimia),
Rafi Al Badri (Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Pendidikan Kimia) serta Verdy Virgautama (Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Biologi)

Adapun juara harapan 1 dalam subtema 2 diraih tim UNJ yang beranggotakan Kantoni (Mahasiswa
Fakultas Teknik/Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga),
Zulri Ramadhan (Mahasiswa Fakultas Teknik/Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga) dan Andre Ferdiawan (Mahasiswa Fakultas Teknik/Perdagangan Mode).

Pada kesemparan yang sama Taryudi selaku tim pengembang bidang kemahasiswaan UNJ menjelaskan. Lomba karya tulis ilmiah yang levelnya
nasional itu banyak peminatnya. Adapun peserta yang tampil sebanyak 163 tim datang dari 32 perguruan tinggi negeri dan swasta serta 40 SMA/Sederajat. Adapun Tema karya tulis ilmiah dalam kegiatan ini adalah Solusi dan Kontribusi Gen Z dalam Mempersiapkan Inovasi Pendidikan Berkemajuan di Masa Pandemi dan Pasca Pandemi. Sementara Subtema karya tulis ilmiah, yaitu :
1. Pengembangan Produk Inovasi Media Pembelajaran
2. Strategi Dan Solusi Dalam Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan
Penghargaan dibagi menjadi per subtema dari masing-masing tingkatan (mahasiswa dan siswa), antara lain juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, dan juara harapan 2. Selain itu, terdapat penghargaan per masing-masing tingkatan seperti best poster dan best video presentation.

Sedang juri dan panelis pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Inovasi Pendidikan Indonesia (IDEA) berasal dari beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia, antara lain Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Pendidikan Indonesia. (Warso)