Suara Karya

Wakil Rektor III UNJ Bangga, Tim Tari Ganong dan Aryaguna Raih Penghargaan di Bulgaria

JAKARTA (Suara Karya) : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNJ, Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si. bangga dua tim tari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meraih berbagai penghargaan saat tampil di Europe Association of Folklore Festival (EAFF) di Veliko Tarnovo Bulgaria.

“Tampil dalam suatu event internasional dan mendapat penghargaan merupakan prestasi yang cukup membanggakan. Dengan begitu para mahasiswa selain menyuguhkan tari kreasi baru budaya bangsa juga membuktikan bahwa kesenian Indonesia tetap jaya ditingkat internasional,”tegas Abdul Sukur di Jakarta, kemarin.

Wakil Rektor III UNJ menegaskan, usaha keras dan aktif melakukan latihan merupakan senjata untuk meraih sukses. Hal itu tampaknya yang terus dilakukan tim tari UNJ yang diwakili Ganong Group dan Aryaguna Group.

Sementara Dekan FBS UNJ, Dr. Liliana Muliastuti, M. Pd. mengatakan, saat tampil 4 Mei 2021, Ganong Group yang mengambil judul tari “ Brangtaning Lageyan” dengan koreografer Raymondus Tri Utomo Parikesit, diperkuat 5 orang penari Haris Sakadian, Irsyad Naufal Harits, Arry Nugroho Jati, Raymondus Tri Utomo Parikesit, dan Nandito Prasetiyo.

Menurut Liliana, penghargaan yang diperoleh dari penampilan tari Brangtaning Lageyan adalah Laureate Ist Degree I kategori tari kelompok folklore, koreografi modern, honorable presentation in VI World Cup of Folklore TM Veliko Tarnovo 2021, dan rekomendasi partisipasi mengikuti perlombaan “World Folk” 2022.

Sedang tim Aryaguna ketika tampil dalam lomba dengan judul tari “ Jagad”, koreografer Mutiara Fadillah Haren, dengan lima orang penari, Nabillah Maharani, Ndaru Dwi Rahayu, Arry Nugroho Jati, Mutiara Fadillah Haren, dan Haris Sakadian.

Penghargaan yang diperoleh Aryaguna Group dalam kegiatan ini katanya, adalah Laureate Ist Degree I kategori tari kelompok folklore, koreografi modern, honorable presentation in VI World Cup of Folklore TM Veliko Tarnovo 2021, juga mendapat rekomendasi partisipasi mengikuti perlombaan “World Folk” 2022, dan penghargaan spesial untuk penayangan di televisi “Euro Folk TV”.

Adapun Ridho Fadilah dari Program Studi Pendidikan Tari juga mendapatkan prestasi diacara Kang Nong Kota Tanggerang sebagai Juara Kang Berbakat Kota Tanggerang 2021. (Warso)

Related posts