Warga Desa Bojong Koneng Semakin Sehat, Bugar, dan Produktif

0

JAKARTA (Suara Karya) : Warga Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor semakin rajin berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat.

Kesadaran masyarakat berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat semakin meningkat, setelah mengikuti kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan oleh beberapa dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (FIK UNJ) yang bekerjasama dengan aparatur Desa Karang Tengah dan Karang Taruna Pancar Urang Sadaya Bojong Koneng.

PKM yang diselenggarakan selama dua hari (20-21 Agustus 2022) itu meliputi beberapa kegiatan yaitu materi Penyuluhan dan Pelatihan. Pada hari pertama peserta diberikan beberapa materi penyuluhan dan pelatihan diantaranya Penyuluhan “Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Menghadapi Berbagai Macam Virus” yang dibawakan oleh Dr. Ir. Fatah Nurdin, MM., “Latihan Fisik yang Baik, Benar, Terukur, dan Teratur (BBTT)” yang dibawakan oleh Kuswahyudi, S.Or., M.Pd, “Pencegahan Bahaya Narkoba Kepada Masyarakat” yang dibawakan oleh Dr. Aan Wasan, M.Si.,

“Pemanfaatan Akupresur Untuk Mengurangi Nyeri Kepala dan Stress Akibat Bekerja”  yang dibawakan oleh dr. Wahyuningsih Djaali, M.Biomed, Sp.Ak, “Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Stroke dan Pentingnya Olahraga Sebagai Pencegahan” yang dibawakan oleh dr. Bazzar Ari Mighra, Sp.N.

Setelah kegiatan penyuluhan ditutup dengan kegiatan pelatihan yaitu “Upaya Peningkatan Kesehatan Melalui Pelatihan Massage Pemuda Karang Taruna Desa Bojong Koneng” yang dibawakan oleh Dr. Sri Nuraini, M.Pd.

Selanjutnya pada hari kedua dilaksanakan beberapa kegiatan penyuluhan dan pelatihan kembali. Pada rangkaian kegiatan penyuluhan antara lain “Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Pada Warga Desa” yang dibawakan oleh Dr. Albert Wolter Tangkudung, S.Sos., M.Pd, “Edukasi dan Latihan Peregangan Otot Dalam Mengantisipasi Keluhan Muskuloskeletal Pada Masyarakat Desa” yang dipandu oleh Muhamad Ilham, M.Pd.

Selanjutnya kegiatan ini ditutup dengan materi pelatihan “Pembuatan Susu Berbahan Dasar Jagung Manis” yang dibawakan oleh Nadya Dwi Oktafiranda, S.Or., M.Pd., dan “Pemanfaatan Limbah Plastik Kemasan” yang dibawakan oleh Yuliasih, S.Or., M.Pd.

Kegiatan PKM dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan sebelum memasuki ruangan, memakai masker, dan kursi berjarak 1 meter diantara setiap peserta. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan PKM ini, dan berharap bisa dilaksanakan kembali pada tahun depan.

“Kami akan berkordinasi dengan pihak aparatur desa mengenai materi-materi apa saja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa, agar kegiatan bisa tepat sasaran dan memberikan dampak positif untuk para warga sehingga diharapkan desa Bojong Koneng dapat menjadi desa binaan FIK UNJ kedepannya” ujar Dr. Yasep Setiakarnawijaya, M.Kes, selaku Koordinator Prodi Ilmu Keolahragaan FIK UNJ. (Warso)