Waspada MERS-CoV, Menkes Ingatkan Jemaah Haji Tak Dekati Unta

0

JAKARTA (Suara Karya): Warga Indonesia yang sedang melakukan ibadah haji rentan terserang virus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus atau MERS-CoV yang ditularkan dari unta. Untuk itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek ingatkan para jemaah haji untuk tidak mendekati unta.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi untuk melakukan antisipasi agar virus MERS-CoV tidak menjangkit ke negara lain,” kata Nila Moeloek di Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Selain melakukan komunikasi dengan Kemenkes Arab Saudi, Menkes Nila juga mengimbau kepada jemaah haji agar tidak mendekati unta. “Untuk saat ini, tidak usah foto-foto dulu dengan unta,” ucapnya.

Pernyataan itu disampaikan Nila sebagai langkah antisipasi atas penularan virus MERS-CoV dari unta ke jemaah Indonesia. Dikhawatirkan, virus tersebut terbawa jemaah haji Indonesia ke Tanah Air.

Bahayanya, lanjut Menkes, virus MERS-CoV belum tersedia vaksinnya. Sehingga jemaaah yang akan berhaji tidak bisa diproteksi lewat vaksin.

“Alasan virus MERS-CoV belum ada vaksinnya, karena virusnya yang cepat berubah. Sehingga industri farmasi kesulitan dalam proses pembuatannya,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Menkes, upaya yang dapat dilakukan saat ini adalah menghindari dari sumbernya yaitu unta. Penularan virus mudah terjadi karena biasanya daya tahan tubuh jemaah melemah akibat panas dan sesaknya orang di Tanah Suci.

“Pentingnya para jemaah untuk menjaga kesehatan diri dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, istirahat yang benar dan olahraga ringan di pagi hari,” kata Nila menandaskan. (Tri Wahyuni)