Wisuda UP Kenalkan Sociopreneur, Tren Karir Baru Bagi Milenial dan Gen Z

0

JAKARTA (Suara Karya): Upacara wisuda ke-6 Universitas Pertamina (UP) menampilkan prestasi lulusannya yang berhasil menciptakan platform daring sociopreneur bernama SATU, singkatan dari kata ‘Saling Bantu’. Platform tersebut dibuat Astri Yana, dari program studi Manajemen.

Keberhasilan Astri mendapat apresiasi dari Rektor UP, Prof Ir I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, PhD. “Saya senang, ada banyak lulusan Universitas Pertamina yang menuntaskan studinya dan tetap gemilang di masa pandemi covid-19,” ujar nya.

Astri menjelaskan, aplikasi SATU dibuat guna membantu masyarakat yang memiliki banyak barang layak pakai untuk dijual dan hasilnya didonasikan. “Donatur, pembeli, dan penerima donasi dapat terhubung satu sama lain melalui SATU,” ujar perempuan asal Palembang tersebut.

Ditambahkan, penjualan barang bekas itu dilakukan dengan skema lelang. Selain donasi lelang, aplikasi juga memiliki 2 fitur lain, yakni donasi barang dan patungan berkah.

Ide bisnis Astri itu sebelumnya mendapat penghargaan Gold Award pada ajang International Business Idea Challenge (IBIC) di Malaysia Multimedia University pada 2020 lalu.

British Council mencatat, hingga 2018 industri sociopreneur mampu memberi kontribusi sebesar 1,91 persen dari PDB Indonesia. Angka itu setara dengan Rp19,4 miliar.

Industri kreatif menjadi sektor usaha yang paling banyak jumlahnya, sebesar 22 persen, agrikultur dan perikanan (16 persen), pendidikan (15 persen), dan layanan (13 persen).

Selain mengikuti kegiatan sosial di luar kampus, Astri juga tercatat aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang digagas kampus. Ia menjadi salah satu pengajar sukarela, dalam kegiatan mentoring belajar untuk siswa sekolah dasar (SD) besutan Universitas Pertamina, bernama Temani Aku Untuk Belajar.

Di Indonesia, menurut Astri, industri sociopreneur masih didominasi oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hal itu menyerap tenaga kerja wanita dan disable, yang memiliki keterbatasan bekerja di perusahaan makro.

Selain berprestasi di bidang akademik dan non-akademik, Astri adalah penerima beasiswa ekonomi Universitas Pertamina selama 7 semester. Universitas Pertamina menyiapkan dana beasiswa hingga mencapai Rp22,5 miliar.

Sebagai informasi, wisuda ke-6 UP meluluskan 326 sarjana dari 15 program studi. Dari jumlah itu, 93 wisudawan meraih predikat pujian atau cumlaude. Sebanyak 56 persen wisudawan berasal dari program studi sains dan teknologi, dan 44 persen dari program studi sosial.

Pembicara kunci dalam acara wisuda, yaitu Senior Vice President Research & Innovation PT Pertamina (Persero), Oki Muraza, PhD. Selain itu, wisudawan juga mendapat kuliah motivasi oleh Asisten Personil KSAD, Mayjen TNI Darmono Susastro, SIP. (Tri Wahyuni)