WNI Positif Covid-19 Bertambah Dua, Total Jadi 6 Kasus

0

JAKARTA (Suara Karya): Warga negara Indonesia (WNI) yang terbukti corona virus (Covid-19) bertambah lagi 2 orang, sehingga kini tercatat ada 6 orang. Mereka semua dalam keadaan stabil, tidak diinfus, sadar penuh, tidak demam, tidak batuk dan tidak pilek.

“Dua pasien baru ini akan kami sebut sebagai pasien ke-5 dan pasien ke-6,” kata juru bicara pemerintah untuk kasus Covid-19, Achmad Yurianto kepada wartawan di komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Dijelaskan, kasus ke-5 adalah seorang pria berusia 55 tahun hasil tracing dari kasus 1-4 klaster Jakarta. Sementara pada kasus 6 merupakan pria berusia 36 tahun anak buah kapal (ABK) Diamond Princess.

“Kasus 6 merupakan imported case yang dia dapat dari Jepang pada saat dia kerja sebagai awak kapal Diamond Princess,” ujar dalam siaran pers yang diterima Suarakarya.co.id.

Yuri mengatakan, kedua orang tersebut terdeteksi positif virus corona berdasarkan pemeriksaan dan hasil data laboratorium (Balitbangkes Kementerian Kesehatan). “Dengan demikian, total pasien positif Covid-19 di Indonesia ada 6 orang,” katanya.

Ditambahkan, empat pasien yang dikabarkan positif Covid-19 sebelumnya dalam keadaan baik. Kasus pertama merupakan seorang WNI berusia 31 tahun yang tertular virus corona setelah kontak langsung dengan warga negara Jepang di acara dansa.

Kasus kedua merupakan ibu dari kasus 1 yang berusia 61 tahun. Kasus 3 dan kasus 4 ditemukan dengan suhu tubuh 37,6 derajat celcius dan 37,7 derajat celcius dengan keluhan batuk flu tidak ada sesak napas. (Tri Wahyuni)