Suara Karya

Wow, UNS Masuk Peringkat 201-300 Terbaik Dunia Versi ‘THE’

JAKARTA (Suara Karya): Kabar gembira disampaikan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jamal Wiwoho. Kampusnya masuk dalam peringkat 201-300 terbail dunia versi Times Higher Education (THE) Impact Rangking.

“Hari ini, THE baru saja mengumumkan peringkat kampus terbaik dunia. UNS masuk dalam peringkat 201-300 dari 1.115 perguruan tinggi dunia yang dinilai,” kata Jamal dalam keterangan pers, Rabu (21/4/2021).

Jamal menyebutkan, skor yang diperoleh UNS adalah 73,1 dari maksimal 100.

Sebagai informasi, THE Impact Ranking merupakan perankingan perguruan tinggi yang fokus pada kontribusi dan capaian kampus dalam United Nations’ Sustainable Development Goals (SDGs). Indikator yang digunakan merujuk pada aspek research, outreach dan stewardship.

Hal lain yang membanggakan, THE Impact Ranking 2021 juga menempatkan UNS pada peringkat ke 28 dunia untuk kategori SDG ke-4 yang terkait dengan ‘Quality of Education’.

“Untuk SDG ke-4 ini, UNS merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki peringkat tertinggi,” ujarnya.

Jamal Wiwoho menyampaikan rasa syukurnya karena ini pertama kalinya UNS masuk dalam perangkingan THE Impact Ranking. Bahkan, posisinya berasa di 201-300 terbaik dunia.

“Hasil ini menunjukkan, UNS memiliki komitmen tinggi dan kontribusi dalam pencapaian SDG’s. Masuknya UNS di peringkat 28 dunia untuk SDG ke-4 juga menunjukkan, kontribusi UNS dalam peningkatan kualitas pendidikan mendapat apresiasi dari lembaga peringkat tingkat dunia,” tuturnya.

Times Higher Education (THE) adalah lembaga perangkingan bereputasi dari Inggris. QS dan THE adalah 2 lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yg paling diakui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Tri Wahyuni)

Related posts