Xtramiles Siap Ramaikan Pasar Fashion Perempuan Bertubuh Ekstra

0

JAKARTA (Suara Karya): Xtramiles siap meramaikan pasar fashion untuk perempuan bertubuh esktra. Targetkan, makin banyak perempuan bertubuh ekstra tampil lebih percaya diri melalui outfit yang dikenakan sehari-hari.

“Terlihat langsing adalah impian bagi para perempuan bertubuh ekstra. Namun, mencari outfit yang bisa memenuhi impian itu bukanlah hal mudah. Apalagi outfit yang benar-benar menciptakan rasa nyaman dan tidak gerah di badan,” kata pendiri Xtramiles Cindy Caroline dalam sebuah kesempatan di Jakarta, Selasa (12/10/21).

Ia menuturkan, pendirian Xtramiles dilatarbelakangi oleh kesulitan dari beberapa perempuan bertubuh ekstra saat mencari outfit yang terlihat melangsingkan, namun nyaman dipakai seharian. Hal itu kemudian menjadi peluang Cindy Caroline yang juga fashion designer untuk menciptakan brand fashionnya sendiri pada segmen tersebut.

Berpartner dengan ibunya, Rinduwin Shintania yang telah berkecimpung dalam bisnis garmen selama 26 tahun, terciptalah brand ‘Xtramiles’ pada 2017 lalu.

“Kami mulai buat produk Xtramiles secara terbatas pada 2017 lalu. Ternyata, respon konsumen luar biasa. Permintaan produk tersebut terus mengalir, hingga kami putuskan masuk ke pasar e-commerce,” ucapnya.

Xtramiles mampu memikat konsumen, menurut Cindy, karena produk tersebut
menggunakan ‘cutting pattern plus size’ yang dipelajarinya selama kuliah di Singapore Raffles Design Instittue. Selain juga penggunaan bahan yang lembut, adem sehingga terasa nyaman dipakai konsumen bertubuh ekstra.

“Faktor lainnya adalah produk tersebut dirancang dengan model yang modis, modern dan sophisticated. Sehingga tampil gaya kini bukan masalah bagi para perempuan bertubuh ekstra,” ujarnya.

Penciptaan Xtramiles tak terlalu sulit bagi Cindy. Karena sebelumnya, ia telah berhasil mengembangkan brand fashion bernama Cherryn Lim Customade. Bahkan brand tersebut telah bergabung dalam ajang fashion bergengsi JFW (Jakarta Fashion Week) pada 2018 lalu.

Dengan latar belakang design ini, Xtramiles memiliki koleksi formal untuk pesta atau prewed dengan harga sangat terjangkau sehingga pergi ke pesta tidak perlu repot pergi ke tukang jahit lagi.

Penjualan Xtramiles menggunakan e-commerce agar dapat menjangkau seluruh Indonesia, tak hanya konsumen di kota-kota besar. Xtramiles sudah tersedia di Shopee, Zalora dan Tokopedia. Dengan berpartner dengan Shopee, Xtramiles juga sudah bisa dibeli di Malaysia, Singapore, Filipina, Vietnam dan Brazil.

Soal harga, Cindy menyebut cukup terjangkau mulai dari Rp99 ribu hingga Rp499 ribu. Bahkan, jika beruntung konsumen bisa mendapat harga promo maupun diskon yang ditawarkan melalui pasar e-commerce.

“Karena itu, penting bagi konsumen untuk terus memantau Xtramiles di Shopee. Karena ada banyak diskon atau promo lainnya melalui pasar digital itu,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Cindy memberi beberapa tips untuk perempuan bertubuh esktra agar terlihat lebih langsing. Pertama, gunakan baju dengan ukuran yang tepat. Maksudnya, baju tidak terlalu sempit atau longgar. “Di Xtramiles, tersedia ukuran yang beragam mulai dari L hingga XXXL,” ujarnya.

Ditambahkan, perhatikan bentuk potongan di leher. Potongan seperti V ‘neckline’ banyak di temui di xtramiles. Potongan leher seperti itu membantu membuat ilusi lebih lansing karena menonjolkan tulang leher.

“Pilih blouse yang minimalist namun terlihat modern. Items semacam itu membuat pemakainya terlihat lebih ramping, karena modelnya simpel,” katanya.

Untuk acara formal, Xtramiles menyediakan dress dengan ptongan V neckline, dipadu mermaid yanh menonjolkan lekukan pinggang sehingga terlihat lebih ramping. Potongan A line yang pas tidak terlalu besar juga akan membuat perempuan bertubuh esktra terlihat lebih langsing. (Tri Wahyuni)