Yuk! Kita Vaksin, Vaksin Aman dan Sehat

0
Foto: jabarprov.go.id/suarakarya.co.id

BANDUNG (Suara Karya): Sejumlah pejabat publik di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Forkopinda dan tokoh masyarakat di Jawa Barat termasuk organisasi profesi, hari ini Kamis (28/01/2021) menjalani penyuntikan vaksin Covid-19 tahap dua, di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Para peserta vaksinasi menilai, sejak mereka di vaksin pada tahap pertama yang dilakukan dua minggu lalu, tepatnya tanggal 14 Januari 2021, tidak merasakan gejala serius.

Sekretaris Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Jawa Barat Teni Normawati mengaku, sejak divaksin yang pertama hingga vaksin yang kedua ini dirinya tidak merasakan keluhan apa-apa.

“Perasaan saya pada saat divaksin pertama Alhamdulillah tidak ada keluhan apa-apa dan sekarang vaksin yang kedua Insya Allah tidak terjadi apa-apa. Saya himbau kepada seluruh tenaga kesehatan baik itu perawat maupun bidan jangan takut untuk divaksin dan harus segera divaksin,” ucapnya, seperti dilansir dari Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Hal yang sama juga dikemukakan Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhamadiah Jawa Barat Jamjam Erawan. Menurut Jamjam, vaksinasi yang kedua kali ini tidak jauh beda saat dirinya mendapatkan vaksinasi yang pertama yang tidak menimbulkan efek apa-apa.

“Alhamdulillah hari ini mengikuti vaksin yang kedua kali dan tenyata tidak terasa apa-apa dan tidak ada efek apa-apa , oleh karena itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat Jawa Barat, ayo kita divaksin supaya kita segera membuka sekolah, membuka kuliah membuka usaha dan melakukan aktivitas lain dengan bebas, ayo divaksin,” tuturnya.

Sementara itu, Pastor Wahyu perwakilan dari Gereja Katolik Keuskupan Bandung, mengajak masyarakat Jawa Barat tidak takut dan tidak khawatir untuk menerima vaksin, karena vaksin aman dan berguna bagi kita untuk membangun kekebalan tubuh.

“Divaksin yang pertama tidak ada efek apapun, baik-baik saja, sehat, makan masih tetap banyak, tidur nyenyak. Tidak perlu takut, tidak perlu khawatir untuk menerima vaksin. Mari kita dukung program vaksin pemerintah ini sehingga di tempat kita Jawa Barat ini tetap sehat dan kita mendukung, vaksin untuk kita,” imbuhnya.

Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS Bandung Muhammad Kamaruzzaman berharap, seluruh masyarakat bisa ikut dalam pelaksanaan vaksinasi, karena vaksinasi merupakan upaya kita bersama untuk mengakhiri pandemi ini selain mengikuti protokol kesehatan 3M

“Vaksin yang kedua tidak ada keluhan yang berarti bagi saya, yang pertama emang sedikit pegal-pegal dan sudah hilang dan hari ini Alhamdulillah sudah menuntaskan pelaksanaan vaksinasi dan saya berharap mudah-mudahan seluruh masyarakat juga ikut pelaksanaan vaksinasi,” ujarnya. (Pramuji)