SPKA Minta Pemerintah Dukung Penuh Kebijakan PT KAI

0

JAKARTA (Suara Karya): Ketua Umun Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) Edi Suryanto, meminta pemerintah mendukung penuh langkah dan kebijakan yang diambil manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI). Ini harus dilakukan untuk terus menjadikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang transportasi perkeretaapian ini menjadi besar.

“Kinerja dan pelayanan KAI sudah sangat bagus. Jadi jangan ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab merecoki  kebijakan manajemen,” kata Edi usai penyelenggaraan Seminar Nasional SPKA di Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Dikatakannya, walaupun pelayanan kepada pengguna jasa perkeretaapiaan sudah sangat baik, tetapi saat ini utang KAI semakin membengkak walaupun masih belum dalam batas berbahaya.

“Memang ada penambahan jumlah utang, tetapi kami dari SPKA terus memantau dan menjaga perusahaan dari intervensi pihak luar yang bisa merugikan dan membebankan keuangan perusahaan,” ujarnya.

Diketahui, dalam acara itu juga dilakukan pelantikan dan pengukuhan pengurus DPP SPKA 2019 – 2022 dan pembentukan Dewan Pakar SPKA.

Adapun poin yang disampaikan SPKA sebagai berikut:

– SPKA sebagai mitra manajemen PT KAI sanggup menjadi garda terdepan dalam peningkatan produktifitas dan pelayanan kepada para pelanggan.
– Akan menjembatani kepentingan kereta api dengan Pemerintah.
– Penugasan dari pemerintah, termasuk PSO KA Perintis pada prinsipnya mendukung, hanya saja agar diawali dengan Fisibility Study yang menghasilkan/memberikan profit bagi perusahaan kereta api, karena PT KAI (Persero) adalah BUMN penyelenggara perkeretaapian. (Andara Yuni)