Suara Karya

Usung Konsep Fish Nutrition Zero Waste, Nakama Aruna Raih SDG Certified Leader!

JAKARTA (Suara Karya): Aruna meraih gelar SDG Certified Leader dalam Program Sertifikasi Kepemimpinan SDG (Sustainable Development Goals) yang diselenggarakan SDG Academy Indonesia dan Tanoto Foundation serta didukung UNDP Indonesia, Bappenas, Nippon Closure Co Japan, dan ICMG Japan.

“Program sertifikasi ini merupakan salah satu target Aruna dalam merealisasikan SEA for All Commitment 2030,” kata CoFounder & Chief Sustainability Officer (CSO) Aruna, Utari Octavianty di Jakarta, Jumat (19/4/24).

Kepesertaan Aruna diwakilkan Sustainability Supervisor, Alisra Destya Priastiti yang terpilih untuk mengikuti program pelatihan SDG batch kelima yang berlangsung sejak Oktober 2023 hingga Maret 2024. Ia mendapatkan gelar SDG Certified Leader.

Pelatihan SDG difokuskan pada aspek kepemimpinan dalam SDG, khususnya aspek Ekonomi Sirkular. Program tersebut juga melatih para peserta agar dapat memahami isu keberlanjutan berdasarkan panduan dari United Nation (UN) SDGs.

“Selama program berlangsung, peserta dilatih mengenai critical thinking, sustainable business model, dan juga leadership skills,” ujarnya.

Selama pelatihan, lanjut Utari, peserta program juga harus membuat ‘capstone project’ secara berkelompok dengan peminatan Manajemen dan Teknologi pengolahan limbah. Peserta terbagi dalam beberapa kelompok dan Aruna berkolaborasi dengan Universitas Surabaya, Badan Pusat Statistik, dan Universitas Andalas.

“Capstone project yang diusung bernama AFISHNET (Aruna Fish Nutrition Zero Waste) yang fokus pada pengolahan limbah cangkang rajungan. Teknologi yang digunakan mendukung packaging yang ramah lingkungan dan kedap bau,” tuturnya.

Dalam program itu, capstone project AFISHNET memenangkan kategori Best Capstone Project.

Utari mengaku bangga AFISHNET meraih penghargaan. Karena kegiatan itu merupakan bagian dari learning program Aruna untuk mengembangkan skill dan knowledge Nakama (karyawan).

“Kali ini pengembangan keahlian dan pengetahuan nakama pada aspek sustainability. Diharapkan, kegiatan ini dapat menginspirasi sekaligus menjadi role model bagi karyawan lainnya untuk melakukan hal serupa,” ucap Utari menandaskan. (Tri Wahyuni)

Related posts