Suara Karya

Akreditasi Memainkan Perananan Penting dalam Perdagangan

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Mohamad Nasir menyatakan pentingnya akreditasi dalam memainkan peranan dalam mengurangi biaya perdagangan dan kegiatan bisnis, meningkatkan transfer teknologi, serta meningkatkan investasi.

Hal ini dikatakan Nasir dalam acara Temu Nasional Pemangku Kepentingan Bidang Akreditasi dalam rangka Peringatan Hari Akreditasi Dunia 2019 di Jakarta, Selasa (25/06/2019).

Menurut Nasir, jaminan akreditasi memungkinkan pelaku bisnis untuk berintegrasi ke dalam rantai pasok global, dengan membuktikan mutu produk melalui “bahasa teknis” yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan antar mitra bisnis.

“Jaminan kesesuaian dengan standar / kualitas, lanjutnya, adalah hal yang mutlak dalam upaya meningkatkan daya saing produk,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, mutu dan efisiensi merupakan kata kunci dalam daya saing global. BSN dan KAN selalu berupaya mempersiapkan infrastruktur mutu agar dapat memfasilitasi perdagangan barang atau jasa ke negara mitra.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang juga Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN) Bambang Prasetya mengatakan, pada peringatan Hari Akreditasi Dunia 2019 ini berfokus pada tema “Accreditation: Adding Value to Supply Chains”.

Menurutnya, akreditasi yang didukung oleh standar yang disepakati secara internasional merupakan kegiatan penilaian kesesuaian untuk memastikan kompetensi dari pengujian, kalibrasi, sertifikasi dan inspeksi dilakukan berdasarkan standar yang telah ditetapkan secara internasional.

“Objektifitas, transparansi, dan keterbukaan dalam proses akreditasi, yang menghasilkan lembaga penilaian kesesuaian yang kompeten, konsisten dan imparsial, menunjukkan akreditasi dapat menjadi jaminan yang kredibel dan terpercaya dalam mendukung perdagangan. Dapat dikatakan, akreditasi akan memberikan nilai lebih pada rantai pasok perdagangan,” ujar Bambang. (Bobby MZ)

Related posts