Suara Karya

Polbangtan Kementan Runner Up Kompetisi Bisnis Nasional

JAKARTA (Suara Karya): Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor berpartisipasi dalam acara Kompetisi Bisnis Nasional KOMIKA 2024. Kompetisi yang diikuti oleh sekitar 40 tim dari berbagai institusi pendidikan di Indonesia ini telah menampilkan ide-ide kreatif dalam bidang bisnis.

Disebutkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, sebagai penyangga ekonomi negara, sektor pertanian harus didukung oleh SDM yang handal. “Indonesia harus maju lewat pertanian. Untuk mencapai itu maka mahasiswa Polbangtan harus menjadi SDM yang berkualitas.” tegas Mentan Amran.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menuturkan bahwa sekarang ini dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas tinggi untuk memajukan sektor pertanian Indonesia.

“Sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial yang menggunakan kreativitas dan inovasinya sehingga pertanian kedepan menjadi pertanian modern yang tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya tetapi juga berorientasi ekspor. Saat ini kita telah memiliki banyak petani milenial sekaligus enterpreneur di bidang pertanian,” paparnya.

Kompetisi yang dimulai dari tahap pengumpulan proposal daring pada tanggal 6 Mei hingga 25 Mei 2024, kemudian berlanjut dengan pengumuman finalis 5 besar pada tanggal 1 Juni 2024. Tahap selanjutnya adalah pengumpulan berkas presentasi pada tanggal 9 Juni, yang akhirnya mencapai puncaknya dengan sesi presentasi langsung dan pengumuman juara pada tanggal 15 Juni.

Tim-tim terbaik dari masing-masing subsektor terpilih untuk berkompetisi di grand final, yang diadakan melalui ruang Teleconference UNS. Universitas Sebelas Maret (Mellowmoon), Universitas Sriwijaya (Smart Doza), Universitas Negeri Yogyakarta (Tapak Nusantara), dan Polbangtan Bogor (C´eggplast) adalah beberapa di antara peserta yang berhasil mencapai tahap final.

Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh para peserta, tetapi juga oleh pembina Kamar Agista dan Kaprodi Agribisnis UNS, serta tiga juri yang terdiri dari dosen dan wirausahawan muda. Penilaian meliputi berbagai aspek, termasuk desain terbaik dan presentasi terbaik, yang masing-masing dimenangkan oleh UNY dan UNSRI.

C´eggplast dari Polbangtan Bogor berhasil meraih posisi Juara 2, sementara Juara 3 diraih oleh UNS. Penghargaan ini tidak hanya sebagai bentuk pengakuan atas inovasi produk, tetapi juga sebagai kesempatan berharga bagi para peserta untuk memperoleh masukan berharga dari para juri guna meningkatkan perencanaan bisnis mereka di masa mendatang.

“Alhamdulillah sangat bersyukur bisa mendapatkan juara. Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga, kemudian juga mendapatkan pencerahan dan saran oleh juri terhadap produk kami menjadi lebih baik lagi planningnya. Kemudian yang harus diperhatikan semoga ketepatan waktu semuanya dari peserta menjadi unsur penilaian juga. Setelah ini kami akan melakukan penelitian dan produksi lebih lanjut terkait bisnis plan yang kami buat,” ujar perwakilan dari tim C´eggplast.

Kompetisi ini menegaskan komitmen para peserta dalam mempersiapkan setiap tahapan dengan sungguh-sungguh, didukung penuh oleh rekan-rekan, dosen, dan pihak kampus masing-masing. KOMIKA 2024 bukan hanya sekedar ajang kompetisi, tetapi juga momentum untuk membangun dan mengembangkan bakat serta inovasi di kalangan generasi muda Indonesia dalam dunia bisnis. (Boy)

Related posts