Sambut Tahun 2022, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik FBS-UNJ Tinggalkan Kenangan Manis

0

JAKARTA (Suara Karya) : Menyambut tahun baru 2022 Mahasiswa Prodi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FBS-UNJ) meninggalkan kenangan manis di tahun 2021 dengan prestasi yang dihasilkan diberbagai lomba, baik tingkat nasional maupun internasional.

Dengan penguasaan konten music dan ilmu pedagogi, mereka berhasil meraih prestasi di akhir tahun 2021. Ketika mengikuti lomba International Music Competition dan Lomba Seni & Olah Raga Tingkat Nasional, mahasiswa Prodi Musik UNJ tampil memukau dan keluar sebagai juara di beberapa kategori yang dilombakan.

“Sebagai Koorprodi Pendidikan Musik, tentunya saya sangat bangga akan peraihan prestasi para mahasiswa. Walaupun masih dalam suasana pandemic, tetapi mahasiswa tetap semangat mengasah keterampilan bermusik dengan mengikuti berbagai lomba baik tingkat nasional maupun internasional.

Semoga prestasi yang dicapai di tahun 2021 dapat memotivasi mahasiswa music lainnya untuk terus mengasah keterampilan bermusik yang sangat dibutuhkan untuk menjadi Pendidik Musik yang tidak saja ahli dalam ilmu mengajar, tetapi juga terdepan dalam menguasai alat music” jelas Rien Safrina, M.A., Ph.D di Jakarta, Jumat (24/12/ 2021).

Keberhasilan para Mahasiswa meraih juara dalam Kompetisi Musik Internasional dan Nasional katanya, didukung oleh Para Pimpinan Universitas dan Fakultas. Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin M.Si, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Suyono, M.Si
Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Dr. Agus Dudung R, M.Pd
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Dr. Totok Bintoro, M.Pd selalu memberikan kesempatan kepada semua mahasiswa untuk mengikuti lomba dan menjulang prestasi.

Selain itu, dukungan juga diberikan oleh Dekan Fakultas Bahasa & Seni, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd , Wakil Dekan 1, Eva Leiliyanti, Ph.D, Wakil Dekan II, Krisanjaya, M.Hum; dan Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan, Dr. Dini Devy Triana, M.Pd yang selalu memberi semangat kepada mahasiswa untuk menjadi yang terbaik dan menjadi motivator bagi mahasiswa lainnya.

Menurut Rien, kompetisi musik Internasional difokuskan pada genre Musik Klasik. Peserta harus memainkan karya-karya Sonata, Concerto, atau Suita dari composer music klasik tingkat dunia. Berbagai kategori lomba, seperti Solo Piano, Solo Violin, dan Chamber Musik (Musik Kamar) diikuti oleh para peserta baik dari Indonesia maupun luar negeri. Kategori Usia lomba juga mulai dari Anak-anak sampai Dewasa. Peserta harus mengirimkan video karena lomba masih dilaksanakan secara online/daring.

Dewan juri International Music Competition 2021 yang diadakan oleh Universitas Negeri Surabaya terdiri dari pemain dan pendidik musik. Mereka sangat mumpuni di bidang alat musiknya masing-masing dan telah menjadi tokoh terkenal di bidang musik.

Menurutnya, ketiga juri yang memberikan nilai adalah, Soojin Jin, Moh Sarjoko, & Chikako Sasaki. Ketiga juri itu memiliki kompetensi profesional, baik dalam pengetahuan maupun sangat berpengalaman dalam menumbuhkan bakat-bakat baru dalam musik klasik. Juri International Music Competition 2021 menilai berdasarkan aspek teknis, kualitas interpretasi ekspresif, dan penampilan musik secara keseluruhan.

Dalam kompetisi internasional yang diselenggarakan pada Akhir Oktober 2021, mahasiswa music berhasil meraih beberapa kategori kejuaraan. Untuk Solo Piano, mahasiswa atas nama Marshaina Azalia, Thirza Maida, & Michael Priyatomo berhasil meraih Gold Medal. Sedangkan atas nama Anasthasia Sekar dan Kevin Levi memperoleh Silver Medal.

Untuk kategori Solo Violin, mahasiswa atas nama Savira Maghfirlana meraih Silver Medal, dan Julian Arya memperoleh Bronze Medal. Untuk kategori Chamber Musik (music kamar), tiga orang mahasiswa atas nama Elizabeth Ravel Levina, Savira Maghfirlana, dan Farih Ibnu Iskandar berhasil memperoleh Silver Medal Juara Lomba International Music Competition 2021.

Selain mengikuti Kompetisi Musik Internasional, mahasiswa Prodi Pendidikan music juga mengikuti Lomba Festival Seni & Olah Raga Nasional yang diadakan Universitas Negeri Yogyakarta pada akhir Oktober 2021.

Lomba itu khusus untuk mahasiswa dan dapat diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Festival Seni Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni di kalangan mahasiswa untuk memperkaya seni budaya bangsa Indonesia yang memperkuat daya saing bangsa. Berbagai cabang seni dilombakan, diantaranya Lomba Cipta Lagu, Lomba Vokal grup, dan Lomba Musik Kamar. Juri pada lomba kali ini berasal dari akademisi dan praktisi yang mumpuni dalam bidang seni.

Untuk Lomba Cipta Lagu dengan kriteria penilaian : aransemen, harmonisasi, kreativitas dan Lirik, Mahasiswa Prodi Pendidikan Musik atas nama Rizky Fauzy Ananda berhasil keluar sebagai Juara Pertama. Sedangkan mahasiswa atas nama Elizabet Rachel Levina keluar sebagai Juara Harapan Pertama.

Lomba Vokal Grup dengan kriteria penilaian: teknik bernyanyi, musikalitas, dan penampilan secara keseluruhan, tim Vokal Group Pendidikan Musik yang terdiri dari Sherina Deborah Saragih, Maria Theresia Panjaitan, Shofia Ridha Putri, Nadira Arisanty, Debora Febricia, Ken Keffa Elena, dan Sarah Yustika Panjaitan, berhasil keluar sebagai Juara Pertama.

Untuk kategori lomba Musik Kamar, mahasiswa atas nama Thirza Maida dan Julian Arya berhasil keluar sebagai Juara Kedua. Penilaian lomba ini difokuskan pada teknik bermain, ekspresi, interprestasi dan penampilan.

Lomba Seni

Sementara Lomba Seni Tingkat Nasional juga diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta pada akhir Oktober 2021. Lomba ini digelar secara online/daring, khusus untuk mahasiswa aktif dan dapat diikuti oleh mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Keluar sebagai Juara Pertama Solo Pop “Singing Cover” mahasiswa dari Prodi Pendidikan Musik atas nama Joice Cecilia Sebayang. Dewan juri berasal dari akademisi dan praktisi yang ahli dalam bidangnya.

Menurut Rien, prestasi yang dicapai oleh mahasiswa tentu tidak lepas dari peran para dosen Prodi Pendidikan Musik FBS UNJ, yang tidak pernah lelah membina dan membimbing mahasiswa untuk menggapai yang terbaik. Untuk prestasi yang telah diraih mahasiswa prodi Pendidikan Musik, Dekan FBS Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd dalam sambutannya pada malam apresiasi mahasiswa berprestasi yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Musik menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada para mahasiswa dan para dosen.

“Jangan menyerah pada keadaan pandemic dan teruslah berprestasi, karena melalui kompetisi, mahasiswa akan selalu mengasah keterampilan bermusik dimana pada akhirnya mendapatkan rekognisi dari masyarakat. Dengan harapan, bila lulus, siap bersaing di dunia Pendidikan Musik. Selamat untuk semua mahasiswa dan dosen Prodi Pendidikan Musik, yang telah menutup tahun 2021 dengan prestasi gemilang”ucap Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd lagi. (Warso)