JAKARTA (Suara Karya): Pemilik warung kini tak perlu repot lagi jika ingin belanja kebutuhan barang dagangnya. Barangkulakan.com menawarkan solusi digital untuk mengisi kebutuhan warung secara mudah dan cepat.
“Itu karena Barangkulakan.com memiliki 146.400 titik distribusi di 126 kota yang tersebar di 29 provinsi di Indonesia,” kata Direktur PT Kimu Andalan Nusantara, Narto Sunarno selaku pengelola Barangkulakan.com, di Jakarta, Senin (26/8/24).
Narto menjelaskan, warung atau toko kelontong merupakan garda terdepan bagi masyarakat dalam membeli kebutuhan sehari-hari. Selain produknya beragam, warung biasanya ada dalam lingkungan perumahan.
“Warung menjadi andalan bagi warga yang ingin beli kebutuhan bahan pokok, tapi malas pergi jauh. Apalagi jika barang yang ingin dibeli hanya satu jenis, seperti gula atau kopi sachetan,” ujarnya.
Karena warung atau toko kelontong biasanya ada dalam gang atau lingkungan yang jauh dari jalan raya, sehingga mereka mungkin tidak terlayani oleh distributor. Padahal, mereka bisa dapat harga yang lebih murah.
“Dari sisi distributor, mereka enggan masuk ke warung dalam gang, karena butuh biaya operasional tambahan untuk tenaga pengangkut,” ujarnya.
Menyiasati kendala tersebut, PT Kimu Andalan Nusantara mengembangkan platform digital Barangkulakan.com, yang diharapkan bisa menjadi mitra bagi pemilik warung dalam memenuhi kebutuhan barang dagangannya.
“Keistimewaan lainnya dari platform distribusi digital ini adalah kemudahan dalam bertransaksi,” ucap Narto.
Platform digital tersebut bisa diunduh melalui Google PlayStore atau bisa diakses langsung melalui website www.barangkulakan.com.
Barangkulakan.com yang dikembangkan sejak 2018 itu awalnya bekerja dengan salah satu distributor produk konsumer ternama di Indonesia. Kini beragam barang tersedia di Barangkulakan.
“Model bisnis kami dapat mensinergikan proses distribusi digital dan konvensional dengan tetap memerhatikan kebutuhan para pelanggan,” kata Narto menegaskan.
Pemilik Toko Sahara di Medan Tuntungan, Hani Lubis dalam kesempatan terpisah mengatakan, sejak mengakses BarangKulakan, pengiriman produk jadi lebih cepat, banyak promo produk dan sering dapat voucher belanja.
“Belanja lewat Barankulakan jadi lebih untung. Karena selain cepat dan mudah, harga juga bersaing, banyak promo dan sering bagi-bagi voucher,” ucap Hani.
Hingga saat ini Barangkulakan dipercaya oleh produsen seperti Mustika Ratu, Kobe, Primafood, Inaco, Luwak, Hormel, Garudafood dan Prochiz untuk mendistribusikan produk-produk unggulannya di saluran ritel.
Melalui platform distribusi digital Barangkulakan diharapkan dapat memberi layanan secara luas kepada pemilik bisnis warung dan toko kelontong yang ingin terhubung dengan pihak produsen maupun distributor resmi.
Barangkulakan juga membantu produsen untuk meningkatkan efisiensi dan memperluas jangkauan distribusi dengan memanfaatkan teknologi seperti big data, analitis dan kecerdasan buatan.
Barangkulakan memiliki visi menjadi penyedia layanan e-distribusi nomor satu di Indonesia dan menghubungkan produsen, pemasok dan pelanggan melalui platform digital yang inovatif. (Tri Wahyuni)