Suara Karya

Festival 76 Indonesia Dihadiri Lebih dari 100 Ribu Pemuda

JAKARTA (Suara Karya): Festival 76 Indonesia Adalah Kita (IAK) 2023 sukses digelar secara serentak di enam kota Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Sabtu (28/10/2023). Perhelatan yang digelar siang hingga malam hari ini, dihadiri lebih dari 100 ribu anak-anak muda yang juga ingin memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023.

Di Jawa Tengah kegiatan ini berpusat di Purwokerto yaitu di Menara Pandang Teratai, kemudian Semarang di Sam Poo Kong, dan Solo bertempat di Pamedan Pura Mangkunegaran.

Selain kota-kota tersebut, acara kick off anak-anak muda kreatif sebelumnya juga digelar di Kota Malang, Jombang, dan Kota Surabaya. Lalu, acara puncaknya berada di Madiun, Pasuruan, dan Sidoarjo.

Demikian juga di Jawa Tengah acara pendahulu juga digelar di berbagai kota, seperti di Kebumen, Salatiga, serta Yogyakarta, dan puncaknya di Solo, Semarang, dan Purwokerto.

Pemilihan kota-kota ini dilatarbelakangi keinginan agar generasi muda perkotaan kembali mengambil peran penting dalam berbagai kegiatan.

Koordinator 76 Heppiii Community Ronald Theo Lesmana menyatakan, Festival IAK 2023 berlangsung lancar dan sukses. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada komunitas anak muda, pemerintah daerah, serta pihak keamanan.

Dia menjelaskan jika kegiatan ini adalah wadah akan kreativitas anak-anak muda di perkotaan, seperti mural, BMX, skateboard, street dance, clothing, barbershop, stand up comedy, dan aktivitas positif lainnya.

“Kreativitas anak-anak muda di perkotaan bisa terwadahi dan tersalurkan dengan sangat positif sekali, UMKM lokal juga mendapatkan ruang untuk mengenalkan usahanya dan meningkatkan penjualan,” katanya melalui keterangan tertulisnya, Kamis (2/11/2023).

Para anak muda dan komunitas yang terlihat dalam kegiatan ini juga mengaku sangat senang dan bangga bisa dilibatkan dalam kegiatan yang mengambil tema ‘STOP BODO AMAT, JADILAH MANFAAT, STOP GENGSI, BANYAKIN AKSI’.

Agung Adi, dari komunitas Semarang BMX menuturkan, dia bersama rekan-rekannya mengaku senang dan bangga diajak mengikuti Festival IAK. Selain bisa menampilkan aneka atraksi, Agung mengaku senang bisa bertemu para pecinta sepeda BMX dari berbagai kota.

“Senang bisa kumpul teman sesama hobi BMX dari berbagai kota, ada yang dari Kota Salatiga bahkan hingga Yogyakarta hadir di sini. Event ini menjadi ajang kreativitas anak muda,” kata Agung.

Dalam Festival IAK 2023 di enam kota ini diisi dengan berbagai artis lokal dan bintang tamu nasional, seperti Superman is Dead (SID), NTRL, Tipe X, Shaggydog, Anji, Endank Soekamti, Kangen Band. Selain itu, turut dimeriahkan FSTVLST, Rebellion Rose, Arlida Putri, Lala Widy, Jihan Audy, Klantink dan berbagai penampilan lainnya di setiap kota.

Bintang tamu Anji juga mengapresiasi kegiatan Festival 76 Indonesia Adalah Kita di Pasuruan, dia mengajak anak muda untuk terus memberikan karya-karya mereka.

“Jadi stop gengsi banyakin aksi. Anak-anak muda harus selalu kreatif, fokus pada karya. Jangan pikirkan omongan (negatif) dari orang lain, karena kadang orang lain juga tidak mikir saat ngomong (negatif). Sekali lagi terima kasih kepada penyelenggara Festival 76 Indonesia Adalah Kita,” kata dia yang disambut ribuan anak muda yang datang di Pasuruan.

Demikian juga para pengisi acara yang hadir di enam kota seperti Superman is Dead (SID), NTRL, Tipe X, Shaggydog, Anji, Endank Soekamti, Kangen Band juga sangat mengapresiasi acara keren anak muda kreatif ini.

Sekadar informasi, Festival IAK 2023 ini diselenggarakan oleh anak-anak muda yang tergabung dalam 76 Heppiii Community, sebuah perkumpulan berbagai komunitas anak muda kreatif di Indonesia. Lokasi kegiatan ini berlangsung di Alun-alun Kota Madiun, kemudian lapangan parkir GOR Untung Suropati Pasuruan, lalu halaman parkir seberang Transmart Sidoarjo. (Boy)

 

 

 

Related posts