Milad Ke-64 Jadi Momentum bagi UMJ Tingkatkan Kualitas SDM

0

JAKARTA (Suara Karya): Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) tahun ini memasuki usia 64 tahun. Peringatan Milad tahun ini akan jadi momentum bagi UMJ untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Caranya, memberi kesempatan seluas-luasnya bagi dosen untuk meraih gelar doktor.

“Kami harap tahun depan, jumlah dosen UMJ yang bergelar doktor naik menjadi 70 persen,” kata Rektor UMJ, Syaiful Bakhri disela peringatan puncak Milad ke-64 UMJ di Kampus Cirendeu, Tangerang Selatan, Sabtu (23/11/2019).

Syaiful menjelaskan, dosen memainkan peran penting dalam menjaga kualitas pembelajaran. Karena itu, UMJ selalu mendorong para dosen untuk menempuh pendidikan S-3 agar memiliki gelar akademik yang mumpuni.

“Dosen UMJ yang bergelar doktor saat ini baru sekitar 50 persen. Kami ingin, semua dosen UMJ nantinya bergelar doktor. Memang tak mudah, tapi bukan mustahil dilakukan,” ucap Syaiful

Untuk dosen yang belum pendidikan S-3, lanjut syaiful, mereka diminta untuk membantu program riset di kampus. Dengan demikian, tidak hanya proses perkuliahan yang terus berkembang, tetapi juga riset akademik.

“Kami juga berharap riset yang berhasil dikembangkan UMJ tak hanya berakhir menjadi jurnal atau sekadar masuk jurnal internasional, tetapi harus jadi produk. Apalagi bisa jadi produk nasional, yang dipakai seluruh masyarakat Indonesia,” kata pria berusia 57 tahun itu.

Sebagai bagian dari rangkaian peringatan Milad ke-64, UMJ menggelar jalan sehat untuk tenaga kependidikan dan staf. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman dan Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Alman Hudri.

Arief Budiman berharap, bertambahnya usia UMJ akan memberi kontribusi kepada Indonesia. Hal itu dapat berupa ide maupun pikiran yang bersifat visioner, yang disampaikan melalui akademisi dan mahasiswa UMJ. “Seperti keberadaan organisasi Muhammadiyah di masa lalu, yang penuh dengan orang-orang berpikiran visioner,” tuturnya.

Sebagai informasi, UMJ pada 18 November 2019 lalu tepat berusia 64 tahun. Universitas Muhammdiyah Jakarta merupakan kampus Muhammadiyah tertua dan menjadi cikal bakal lahirnya universitas-universitas Muhammadiyah lain di seluruh Indonesia. (Tri Wahyuni)