Suara Karya

Pecahkan Rekor, Andri Yansyah Bangga Tim Renang DKI Jakarta Juara Umum di POMNas XVIII Kalsel 2023

Banjarmasin (Suara Karya) : Merajai di cabang renang, atlet DKI Jakarta menyabet 23 medali emas, 7 perak dan 6 perunggu tampil juara umum di POMNas XVIII di Banjarmasin, Kalsel 2023

“Jakarta datang, Jakarta Menang, Sukses Jakarta Untuk Indonesia”. Tampaknya slogan ini selaras dengan perjuangan atlet renang DKI Jakarta yang mendominasi perolehan medali emas selama empat hari berturut – turut di kolam renang Amandit Aquatic Center, Kandangan.

“Kami atas nama masyarakat DKI Jakarta mengucapkan banyak terima kasih pada para perenang yang sukses membawa nama harum di POMNas XVIII di Banjarmasin, Kalsel 2023,” tegas
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta, Andri Yansyah di kandangan, Kalsel, Sabtu (18/11/2023).

Andri Yansyah yang didampingi Ketua Kontingen DKI Jakarta, Prof. Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si datang langsung menyaksikan para perenang DKI Jakarta tampil dalam lomba mengatakan, atlet renang bukan saja sukses meraih juara umum, namun dapat melampaui target perolehan medali.

Pemecahan rekor yang diraih tahun 2007 dengan mengumpulkan 21 medali emas diperbaiki lagi di POMNas XVIII di Banjarmasin tahun 2023, tim renang DKI Jakarta mengantongi total 23 medali emas.

“Mampu memecahkan rekor merupakan hasil kerjasama yang baik antara atlet, pelatih dan jajaran pengurus. Kerjasama yang apik ini harus dipertahankan hingga mengulang sukses di tahun – tahun mendatang, “jelas Andri Yansyah saat memberikan arahan dan suntikan semangat bagi perenang DKI Jakarta.

Sedang Ketua Kontingen DKI Jakarta, Prof. Dr. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si mengatakan, selama tampil di POMNas XVIII setiap harinya tim DKI Jakarta berada di urutan pertama dalam pengumpulan medali. Prestasi itu luar biasa dan harus dipertahankan.

Bahkan pada pertandingan hari terakhir dicabang renang, Sabtu (18/11/2023) atlet renang DKI masih memborong medali yang diperebutkan dengan meraih 6 medali emas dan 2 perunggu.

Medali emas yang diraih atlet DKI Jakarta pada pertandingan terakhir disumbang melalui Angel Gabriella Yus yang tampil di nomor 100 m gaya kupu-kupu putri. Kedua Azel Zelmi di 100 m gaya kupu-kupu putra.

Begitu juga medali emas ketiga dipetik
Azahra Permata Hani di nomor 200 m gaya dada putri, Serena Karmelita M tampil di nomor 50 m gaya bebas putri,
Joe Aditya di nomor 50 m gaya bebas putra, dan di nomor estafet 4 x 100 m gaya ganti putri melalui (flairene, azahra, anggel, serena).

Sedang medali perunggu diraih atlet DKI Jakarta melalui Intan Adhika Putri yang turun di nomor 100 m gaya kupu-kupu putri. Begitu juga di nomor
50 m gaya bebas putri, Intan Adhika Putri menoreh medali perunggu.

Menurut pelatih renang POMNas DKI Jakarta, Heru Miftakhudin dengan mengumpulkan 23 medali emas, 7 perak dan 6 perunggu dari 30 medali yang diperebutkan selama tampil di Banjarmasin, tim renang DKI Jakarta melampaui target yang diberikan pada BAPOMI DKI Jakarta.

Prestasi yang ditoreh para perenang DKI Jakarta selama di POMNas XVIII merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi atlet dan pelatih yang menangani tentunya.

Heru hanya berharap, prestasi yang diukir di POMNas XVIII di Banjarmasin hendaknya dapat ditingkatkan lagi ke jenjang berikutnya. Dengan harapan terus mengalami kemajuan saat tampil di berbagai event, baik PON, SEA Games, Asian Games maupun pentas dunia. (Warso)

Related posts