Presiden Buka PON XX Papua, Kontingen DKI Sudah Menduduki Pimpinan Klasemen Sementara

0

JAKARTA (Suara Karya) : Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2021 oleh Presiden Jokowi di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021). Kontingen DKI Jakarta sudah berada dipuncak klasemen sementara dengan mengumpulkan 28 medali emas, 15 perak dan 20 perunggu.

Sementara kontingen tuan rumah meraih 17 medali emas, 5 perak dan 13 perunggu berada ditempat kedua dan Jabar ditempat ketiga dengan 11 medali emas, 15 perak dan 25 perunggu.

Memantau persaingan atlet dari 34 kontingen yang tampil, tuan rumah Papua tampaknya mulai bersaing dengan atlet dari kontingen terkuat seperti DKI dan Jabar. Hal itu membuktikan, atlet Papua mulai memperlihatkan kemajuan prestasi.

Hal itu sesuai dengan harapan
Jokowi bahwa penyelenggaraan PON XX dapat dirayakan dengan suka cita. Selain itu Jokowi berpesan kepada para atlet yang bertanding untuk selalu menjujung sportivitas.

“Saudara-saudara yang berbahagia marilah kita rayakan PON ini dengan penuh suka cita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan serta persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Jokowi dikutip dari tayangan TVRI, Sabtu (2/10/2021)

“Dengan mengucap Bismillahhirrahmanirrahim atas nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pekan Olahraga Nasional PON ke-20 Papua secara resmi saya nyatakan dibuka,” ujar Jokowi.

Sebanyak 7.066 atlet dari seluruh provinsi di Indonesia mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua dengan rincian atlet putra sebanyak 4.176 dan atlet putri 2.890 orang.

PON yang dibuka Presiden Joko Widodo 2 Oktober akan berakhir 15 Oktober 2021. Jokowi berharap, setelah berakhirnya PON XX tempat-tempat pertandingan tetap terawat untuk menjadikan para atlet handal dari Tanah Papua. Dengan begitu adanya pembangunan tempat olahraga, terus dimanfaatkan secara optimal. (Warso)