Sinergi UT-Pemkot Tangsel Tingkatkan Inovasi Pembelajaran bagi Mahasiswa

0

JAKARTA (Suara Karya): Universitas Terbuka (UT) bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar “Lomba Inovasi Pembelajaran dan Kreativitas Mahasiswa”. Final lomba berlangsung di kampus UT Cirendeu, Tangsel pada Sabtu (23/11/19).

“Lomba inovasi pembelajaran tahun ini diikuti 109 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Pada seleksi awal terpilih 55 mahasiswa, lalu tersisa 10 finalis,” kata Wakil Rektor UT Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan, Adi Winata disela acara lomba tersebut di Jakarta, Sabtu (23/11/19).

Pada kesempatan itu, Adi Winata didampingi Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) UT, Udan Kusmawan dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Aji Awan.

Dijelaskan, Lomba Inovasi Pembelajaran dan Kreativitas Mahasiswa merupakan program tahunan kampusnya. Lomba tersebut mengacu standar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang ditetapkan Ditjen Pembelajaraan dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“Lomba tahun ini kami fokuskan pada mahasiswa program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn),” tuturnya.

Menurut Adi, lomba semacam ini diperlukan untuk melatih siswa dalam mengolah ide kreativitas dalam bidang yang digeluti sehari-hari. Inovasi itu dibutuhkan agar proses pembelajaran jadi lebih menyenangkan dan mudah difahami siswa.

“Dengan demikian, siswa tak hanya lulus membawa ijazah tetapi juga keterampilan dalam menulis, menuangkan gagasan dan berargumentasi. Hal itu dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas guru di Indonesia,” ujarnya.

Para pemenang lomba, lanjut Adi, selain mendapat beasiswa pendidikan dari UT juga mendapat hadiah dari Pemkot Tangsel. Hal itu sebagai bentuk apresiasi kepada UT, sebagai salah satu perguruan tinggi di lingkungan Kota Tangsel. “Kami senang dilibatkan dalam program peningkatan mutu SDM di lingkungan Tangsel,” katanya.

Pelaksanaan lomba berlangsung meriah karena berbarengan dengan peringatan Hari Ulang Tahun yang ke-11 Kota Tangerang Selatan. Ada tarian kreatif yang dilakukan siswa SMP, pagelaran busana fantasi oleh siswa SMK serta bazaar produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di wilayah Tangsel. (Tri Wahyuni)