Tangsel Banten Siap Menggelar Indonesia Woodball Premier Championship

0

JAKARTA (Suara Karya) : Upaya membangkitkan semangat atlet dimasa pandemi Covid-19, Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Indonesia Wood Ball Association (IWBA) Banten, Suhendar Wijaya siap menggelar INDONESIA WOODBALL PREMIER CHAMPIONSHIP di Lapangan woodball, Pamulang Tangsel, Banten 25 – 28 November 2021.

“Kejuaraan ini bersifat terbuka dan merupakan salah satu kejuaraan woodball tingkat nasional yang dilaksanakan dalam rangka merayakan hari jadi Kota Tangerang Selatan ke 13 (26 Nopember 2021),”tegas Suhendar Wijaya di Jakarta, Minggu (31/10/2021).

Meski sifatnya terbuka, pesertanya masih dibatasi. Atlet yang boleh mengikuti kejuaraan ini maksimum 5 atlet terbaik (peringkat 1 – 5) putra dan putri atau juara di Provinsinya yang disahkan atau ditunjuk oleh IWbA Pengurus Provinsi/Pengurus Daerahnya masing-masing.

Menurutnya, tampilnya atlet dalam
kejuaraan ini, Pengurus Besar IWbA dari semua daerah dapat mengevaluasi atau menilai kualitas permainannya para atletnya. Dengan harapan atlet yang berprestasi dapat dipromosikan mengikuti kejuaraan yang lebih besar lagi di tingkat internasional.

Seperti kalender event yang bertaraf internasional World Cup Championship, Asian Cup, Asian Beach Games atau SEA Games. Melalui event-event tersebut, prestasi atlet dapat berjenjang hingga ke kejuaraan dunia.

Suhendar melanjutkan, sesuai dengan “Pedoman Penyelenggaraan Kejuaraan” PB IWbA, maka pemberian “POIN” hanya kepada 12 atlet terbaik yang memasuki putaran final. Baik di nomor lomba Single Stroke putra maupun putri.

“Kejuaraan ini adalah masuk agenda kerja PB IWbA yang tertunda karena pandemic Covid 19. Dengan kondisi semakin membaik, maka diperbolehkan menyelenggarakan kegiatan olahraga yang bersifat nasional,”katanya.

Lebih jauh Suhendar menceritakan,
Turnamen Woodball Walikota Tangsel, yang diselenggarakan bersamaan Premier Championship selain bertujuan merayakan hari jadi Kota Tangerang Selatan ke 13 tahun (26 Nopember) juga memberi kesempatan bagi atlet-atlet non peringkat.

Dengan begitu, atlet daerah ataupun atlet dari Klub-Klub Woodball Indonesia bisa mempertunjukan prestasinya dengan mengikuti kegiatan Tournamen ini.

Dengan begitu paparnya, kategori dan nomor mata lomba diadakan lebih
bervariasi, antara lain : kategori usia (junior, prestasi dan Senior/master) dengan mata lomba single stroke, team stroke dan single fairway.

Sedang Lapangan Woodball yang akan digunakan untuk melaksanakan kejuaraan adalah di Pamulang Woodball Club (PWbC), yang berada di Pamulang – Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Lapangan Woodball PWbC ini menurutnya, memiliki tipikal lapangan yang sangat bervariasi. Mempunyai lapangan panjang, lapangan menengah dan pendek sesuai standar yang berlaku. Begitu juga ada kontur yang datar, berbukit, miring serta memiliki rumput yang terawat.

Pemilihan lokasi di Pamulang ini katanya, juga didasarkan atas ketersediaan sarana dan fasilitas yang menunjang untuk pelaksanaan kejuaraan tingkat nasional. Seperti tersedia fasilitas akomodasi yang baik, tersedia guest house dan hotel – hotel serta kemudahan akses menuju lokasi lapangan, baik dengan transportasi udara, kereta api maupun Bus antar provinsi.

Selain itu daerah Pamulang cukup dekat dengan Mal-Mal bertaraf Internasional seperti Pondok Indah Mall, Teras Kota, Arion Mall dan banyak juga tawaran kuliner yang cukup variatif di Kota Pamulang – Tangerang Selatan. (Warso)