Suara Karya

Garudafood Luncurkan Chocolatos X-Quest, Wahana Eduwisata LED 5D Pertama di Indonesia

JAKARTA (Suara Karya): PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) meluncurkan Chocolatos X-Quest, wahana eduwisata berbasis teknologi LED Imersif 5D pertama di Indonesia, Chocolatos X-Quest.

Inovasi tersebut terintegrasi langsung dengan pabrik Garudafood di Sumedang, Jawa Barat.

Peluncuran dilakukan Direktur Utama Garudafood, Hardianto Atmadja, bersama Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, serta Cinta Laura selaku Brand Ambassador Chocolatos, pada Selasa (2/12/25).

Hardianto Atmadja menjelaskan, Chocolatos X-Quest hadir sebagai wujud komitmen Garudafood untuk membuka akses belajar yang lebih luas melalui pengalaman langsung yang inspiratif.

“Pendidikan tidak boleh berhenti di ruang kelas. Pendidikan harus hidup, bergerak, dan menginspirasi. Karena itu, Chocolatos X-Quest hadir sebagai learning experience yang diharapkan membangkitkan rasa ingin tahu generasi muda,” ujarnya.

Ditambahkan, Chocolatos X-Quest dirancang sebagai bagian dari program ‘Factory Visit Garudafood’ yang dikembangkan untuk memperkuat keterlibatan konsumen melalui pendekatan ‘industrial learning journey’.

“Wahana itu akan menarik perhatian anak-anak karena memadukan atmosfer pabrik dengan nuansa antariksa futuristik, melalui teknologi LED modern dan pengalaman multisensori,” tutur Hardianto Atmadja.

Pengunjung diajak berpetualang memasuki dunia Chocolatos melalui Chocolatos X-Gondola, yang tidak saja menggabungkan visual interaktif, audio spasial, efek panas, tetapi juga getaran, serta aroma. Sehingga perjalanan multisensori itu terasa mengesankan.

Pengunjung juga diajak mengeksplorasi dunia Clevo lewat beragam aksi, antara lain Clevo X-Dream Farm, yaitu kunjungan virtual menggunakan kacamata 3D dengan permainan interaktif berbasis teknologi LiDAR.

Selain itu, ada Clevo X-Dream Spac, layar LED 360 dengan fitur scan-to-animation, yang memungkinkan gambar mewarnai pengunjung tampil sebagai animasi digital secara real-time.

Brand Ambassasor Chocolatos Cinta Laura mengapresiasi kehadiran wahana tersebut. “Chocolatos X-Quest benar-benar menggugah kembali passion saya terhadap pendidikan yang kreatif dan inklusif. Ilmu bisa didapat dari pengalaman langsung seperti ini,” ujarnya.

Di area wahana, Garudafood juga menyediakan merchandise store yang menawarkan produk Garudafood hingga koleksi edisi terbatas bertema X-Quest.

Area menarik lainnya adalah Chocolatos Café, dimana pengunjung dapat menikmati kreasi makanan dan minuman berbahan Chocolatos.

Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi dalam sambutannya menyampaikan dukungannya atas inovasi yang dihadirkan Garudafood.

“Semoga Garudafood terus berkembang dan menjadi kebanggaan Jawa Barat. Kehadiran wahana ini akan memberi nilai ekonomi dan manfaat sosial bagi masyarakat,” ujarnya.

Bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember, Garudafood juga mengundang dan memberi apresiasi kepada Sahabat Santri Istimewa dari Daruut Tauhiid Peduli sebagai bentuk komitmen untuk memperluas akses pendidikan inklusif.

Di bagian akhir, Hardianto Atmadja menyatakan, Chocolatos X-Quest juga bagian dari upaya perusahaan dalam mendukung SDGs poin 4 dan 8, yaitu pendidikan inklusif dan berkualitas; dan pengembangan pariwisata berkelanjutan yang mempromosikan budaya lokal.

Garudafood berharap Chocolatos X-Quest menjadi destinasi eduwisata unggulan bagi keluarga, sekolah, komunitas, dan masyarakat yang ingin mengenal industri pangan lebih dekat melalui pengalaman modern dan imersif.

Informasi lengkap mengenai mekanisme kunjungan dapat dilihat di akun Instagram @chocolatosxquest.

Hardianto Atmadja berharap wahana Chocolatos X-Quest dapat menyusul keberhasilan Gery X-Quest yang diluncurkan pada 2019 di pabrik Garudafood Gresik. Gery X-Quest menjadi galeri pabrik digital pertama di Indonesia dengan teknologi AR dan VR. (Tri Wahyuni)

Related posts