Suara Karya

Giat Lakukan Transformasi Digital, UPER Raih Penghargaan

JAKARTA (Suara Karya): Upaya Universitas Pertamina dalam reformasi digital selama 2021 mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. Satu diantaranya, majalah Marketeer yang memberi penghargaan ‘Omni Education Platform of The Year’ di ajang Marketeer’s Editor’s Choice Awards 2022.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 23 merek dagang, dan UPER yang menjadi satu-satunya institusi pendidikan untuk kategori transformasi digital di bidang pendidikan.

Rektor UPER Prof IGN Wiratmaja Puja mengaku sangat bangga atas penghargaan tersebut. Semua itu bisa tercapai karena didorong oleh 10 Program Prioritas Universitas Pertamina, yang salah diantaranya Program UPER Go Digital.

“Kami sedang gencar menerapkan digitalisasi pembelajaran. Meski pembelajaran telah dilakukan secara luring sepenuhnya, kami tetap mengembangkan sistem yang dapat memudahkan mahasiswa dan dosen dalam mengakses materi pembelajaran,” kata Prof Wirat di kantornya, Selasa (25/10/22).

Dijelaskan, penghargaan Omni Education Platform of The Year dinilai dari beberapa kriteria umum, yakni keunikan program, kebaruan dan fungsionalitas program, jangkauan program, dan dampak nyata bagi masyarakat.

Aspek penting lainnya adalah tingkat keterlibatan sekaligus pengalaman baru yang diberikan instansi kepada masyarakat.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi, UPER Erwin Setiawan, SKom, MIT menambahkan, program UPER Go Digital yang dilaksanakan sejak 2021 menghasilkan beberapa aplikasi yang dapat mendukung pembelajaran baik secara daring maupun luring.

Inovasi yang dihasilkan, antara lain, digital library yaitu layanan perpustakaan daring; e-learning yaitu aplikasi untuk mengakses materi perkuliahan; dan aplikasi quiz online.

“Program digitalisasi tak hanya dilakukan di ranah akademis, tetapi juga di ranah penunjang. Misalkan, aplikasi pengadaan barang dan jasa, aplikasi korespondensi yang bernama ANDIN, catatan kinerja harian, dan sistem ‘career development center’ bagi alumni UPER,” ucapnya.

Erwin menyebut sedikitnya 10 aplikasi telah dikembangkan sejak akhir tahun 2020 hingga saat ini. Proses pengerjaan, bahkan sudah mencapai 75 persen.

Ditambahkan, pada 2022 UPER juga berhasil menembus peringkat Top 5 Kecerdasan Kampus dan Kesiapan Transformasi Digital versi Riset Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIS).

Dari berbagai keberhasilan itu, lanjut Erwin, Universitas Pertamina berusaha mengoptimalkan seluruh digitalisasi yang ada dan terus melakukan inovasi baru.

“Kedepan, kita akan optimalisasi seluruh aplikasi digital yang ada. Sambil terus melakukan inovasi untuk memudahkan aktivitas civitas akademika UPER. Lalu, kita akan integrasikan seluruh aplikasi itu demi memudahkan pekerjaan,” ucap Erwin.

Transformasi digital di bidang pendidikan, lanjut Erwin menjadi penting karena hasil penelitian Vladimir Kryukov dari Vladivostok State University of Economics and Service menunjukkan, pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan akademis dapat memperluas jangkauan ilmu pengetahuan, dibanding hanya bergantung dengan pengajaran dari dosen.

Hal itu juga selaras dengan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) saat yang sedang melakukan transformasi digital di sektor pendidikan. Kebijakan itu kolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk penyediaan jaringan komunikasi, listrik dan internet.

Editor in Chief Marketeer’s Sigit Kurniawan dalam kesempatan terpisah menyampaikan, Universitas Pertamina layak dapat penghargaan karena dinilai sigap dan lincah dalam mengembangkan metode pembelajaran pascapandemi covid-19.

“Meski pandemi kian reda, UPER berhasil mengintegrasikan metode pembelajaran luring dan daring, dengan tetap menjaga pengalaman bagi mahasiswanya,” tuturnya.

Sigit menilai integrasi online dan offline dan integrasi kekuatan manusia dan mesin menjadi kekuatan merek/organisasi/perusahaan untuk tetap eksis dan relevan di masa depan.

Bagi siswa/siswi yang tertarik untuk bergabung di Universitas Pertamina (UPER), bisa mempersiapkan diri untuk Seleksi Mahasiswa Baru UPER Tahun Akademik 2022/2023. Informasi lengkap dapat diakses di laman https://universitaspertamina.ac.id. (Tri Wahyuni)

Related posts